Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Menyusui Secara Berlebihan

Saat seorang wanita sedang menyusui bayi, baik bayinya sendiri maupun bayi orang lain sebaiknya menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsinya.  Hal ini disebabkan karena makanan dan minuman yang dikonsumsi wanita menyusui dapat mempengaruhi air susu ibu (asi) yang diproduksi.  Itulah alasan mengapa pada saat menyusui bayi, seorang perempuan harus menjaga apa-apa saja yang masuk ke dalam sistem pencernaannya.

Daftar Beberapa Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui Secara Berlebihan :

1. Buah Nanas

Hindari makan buah nanas karena akan membuat asi menjadi tengik.  Efek samping lain dari asi yagn terpengaruh buah nanas adalah bisa menimbulkan ruam popok pada kulit bayi.

2. Buah Strawberry / Buah Stroberi

Asi ibu menyusui bisa terpengaruh jika terlalu banyak makan buah stroberi karena dapat membuat bayi menjadi alergi dengan gejala-gejalanya yakni sering rewel, perut kembung, diare dan pada kasus-kasus tententu bisa mengakibatkan ruam popok.

3. Buah Apel

Jika bisa hindarilah buah apel ketika seorang wanita sedang menyusui anak bayi.  Dikhawatirkan buah apel bisa menyebabkan sembelit pada anak bayi yang disusui.

4. Buah Cherry / Buah Ceri

Zat-zat alami yang ada di dalam buah ceri bisa membuat bayi menjadi terganggu karena secara alami buah cheri adalah buah yang bersifat pencahar alami.  Kasihan jika bayi diberi pencahar karena dapat buang-buang air besar.

5. Buah Kiwi

Perempuan menyusui hendaknya tidak makan buah kiwi dulu untuk sementara waktu karena buah ini dapat mempengaruhi bayi karena bayi dapat menjadi kembung dan sering buang-buang gas alias sering kentut.

6. Buah yang Rasanya Asam / Asem

Buah-buahan yang rasanya kecut atau asam bisa mempengaruhi asi yang dihasilkan oleh ibu menyususi.  Asi bisa berubah aroma menjadi lebih tajam aromanya sehingga berpotensi mengganggu sistem pencernaan bayi yang disusui.  Contoh seperti buah jeruk asam, jeruk nipis, jeruk lemon, anggur asam, mangga asam, belimbing asam, asam jawa, dan lain sebagainya.

---

Jika buah-buahan tersebut dimakan sedikit saja mungkin tidak mengapa, namun jika dimakan dalam jumlah banyak dikhawatirkan bisa mengubah asi menjadi asi yang memperngaruhi bayi yang menyusu.  Gantilah buah yang tidak baik untuk asi dengan buah lain yang bersifat netral terhadap asi.  Jangan sampai anak bayi yang menyusu menjadi sakit atau mengalami masalah kesehatan walaupun pada awalnya niat kita baik.  Semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Menyusui Secara Berlebihan"

Poskan Komentar