Bulan di Tanggalan Kalender Kita Adalah Bukan Bulan yang Sebenarnya

Bulan-bulan yang kita kenal seperti maret, juni, desember, april, agustus, februari, september, mei, januari, oktober, juli, dan nopember adalah bulan-bulan yang ada pada penanggalan kalender kita.  Bulan-bulan tersebut sudah biasa kita gunakan untuk berbagai kebutuhan penunjuk waktu kita.  Namun tahukah anda sebenarnya bulan pada tanggalan kalender kita adalah bulan yang palsu?  Jika belum tahu ada baiknya anda mengetahuinya saat ini juga.

Bulan telah digunakan manusia sejak zaman dahulu kala untuk membantu manusia menghitung waktu.  Dari hari ke hari bulan mengalami perubahan penampakan yang dapat dengan mudah kita lihat dengan mata telanjang.  Perubahan tersebut adalah fase bulan yang selalu berulang setiap 29,53 hari sekali mulai dari tidak ada penampakan bulan, bulan sabit, bulan purnama, bulan sabit lagi dan akhirnya bulan menghilang lagi.  Satu periode bulan melakukan satu putaran fase-fase bulan adalah perhitungan satu bulan yang sebenarnya.

Bulan di tanggalan yang kita kenal bahasa inggrisnya adalah month yang tidak sama dengan moon.  Satu bulan di tanggalan masehi adalah 28 sampai 31 hari yang ditentukan seenaknya sendiri oleh orang yang membuat sistem penanggalan.  Yang penting adalah hitungan satu tahun sama dengan satu kali planet bumi mengelilingi matahari yaitu 365 hari lebih.  Urusan jumlah bulan dalam satu tahun dan jumlah hari dalam satu bulan adalah suka-suka pembuat tanggalan kalendernya.

Sistem penanggalan hijriah yang konsisten menghitung satu bulan adalah 29,53 hari, sehingga jumlah hari dalam satu bulan adalah 29 atau 30 hari.  Jadi seharusnya yang layak kita sebut bulan adalah bulan pada sistem hijriyah.  Sedangkan bulan pada sistem masehi atau gregorius adalah bulan palsu atau bulan-bulanan -karena bulannya hanya dibuat-buat dan tidak tidak mencerminkan keadaan bulan yang sebenarnya.  Jadi pantas saja apabila kita bisa melihat dua kali bulan purnama dalam satu bulan sistem masehi karena jumlah harinya yang lebih banyak daripada periode sinodik bulan hijriyah (kecuali bulan februari).

Daftar Nama Bulan yang Asli :
1. Muharram
2. Safar
3. Rabiul Awal
4. Rabiul Akhir
5. Jumadil Awal
6. Jumadil Akhir
7. Rajab
8. Sya'ban
9. Ramadhan (Bulan Puasa)
10. Syawal
11. Dzulkaidah
12. Dzulhijjah

Terimakasih atas kunjungan anda, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.  Sebarkanlah ilmu yang bermanfaat kepada orang-orang di sekitar kita yang kita cintai.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Bulan di Tanggalan Kalender Kita Adalah Bukan Bulan yang Sebenarnya"

Posting Komentar