Setiap Orang/Manusia Memiliki Dua Tanggal Lahir, Dua Umur dan Dua Ulang Tahun

Ada banyak orang yang tidak mengira bahwa mereka mempunyai dua hari ulaungtahun dalam satu tahun, dan bahkan bisa lebih dari dua.  Penyebabnya adalah karena adanya perbedaan perhitungan tahun yang digunakan manusia.  Sebagian besar orang di dunia memakai sistem kalender gregorian atau masehi, sebagian menggunakan sistem kalender hijr, hijri atau hijriah, dan ada pula yang memakai sistem kalender di luar yang dua tersebut.

Satu tahun masehi adalah satu kali bumi mengitari matahari (periode orbit bumi matahari), sedangkan satu tahun hijriah adalah 12 kali perulangan bulan melakukan fase-fase bulan pada bumi (periode sinodik bumi bulan matahari).  Kalender sistem bulan atau hijriah banyak dipakai oleh kaum muslim di seluruh dunia untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai perhitungan waktu.  Hanya sistem hijriah saja yang diakui oleh Allah SWT sebagai pembantu manusia dalam perhitungan berbagai hal yang bersifat keagamaan.

Dari Fakta yang Ada Bisa Kita Dapatkan Keunikan-Keunikan Sebagai Berikut :

1. Setiap orang mempunyai dua tanggal lahir namun kebanyakan orang tidak menyadarinya dan bahkan hanya sedikit orang yang tahu tanggal lahir yang satu lagi (hijriyah).

2. Setiap manusia bisa ulang tahun dua kali atau lebih dalam satu tahun masehi, yaitu satu kali ulang tahun masehi, dan satu atau dua kali ulang tahun hijriah.  Hal tersebut disebabkan oleh jumlah hari hijriah lebih sedikit daripada jumlah hari masehi.

3. Umur seseorang bisa lebih tua atau lebih banyak apabila dihitung dengan menggunakan sistem penanggalan hijriah.  Mungkin perbedaannya tidak ada atau tidak terlalu besar untuk yang masih muda.  Semakin tua seseorang maka perbedaannya bisa semakin besar.  Namun sayangnya perayaan ulang tahun tidak ada dalam ajaran Islam, sehingga sebaiknya tidak dirayakan.

Beberapa Situs Web Pengubah Tanggal Masehi ke Tanggal Hijriah

- http://rukyatulhilal.org/konversi/
- http://adrian.web.id/convert/
- http://www.islamicity.com/PrayerTimes/hijriconverter1aPartner.htm
- http://www.islamicfinder.org/dateConversion.php

Selamat menemukan tanggal lahir anda yang satu lagi dan menemukan usia anda yang satu lagi.  Sebarkanlah fakta yang aneh tapi nyata ini kepada orang-orang yang anda kasihi.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Setiap Orang/Manusia Memiliki Dua Tanggal Lahir, Dua Umur dan Dua Ulang Tahun"

Posting Komentar