Cara Agar Tidak Ngantuk & Tidur Saat Khotib Khutbah Jumat

Saat khotib sedang berkhutbah pada kegiatan sholat jumat berjamaah di masjid adalah saat-saat yang kritis bagi sebagian orang.  Banyak orang yang jatuh tidur terlelap di saat yang penting ketika khotib menyampaikan ceramah yang disebabkan oleh berbagai alasan.  Ada yang tertidur karena malamnya kurang tidur, ada yang tidur karena merasa merasa jemu dengan khutbah jumat, ada yang tidur karena terlalu lelah beraktivitas sebelum sembahyang jumat, dan berbagai alasan penyebab lainnya.

Untuk itulah dibutuhkan suatu trik yang jitu agar jamaah solat jumat berjamaah di masjid bisa terjaga dengan penuh kesadaran dari awal datang hingga kegiatan sholat jumat selesai.  Terlebih lagi Allah SWT memberikan pahala yang besar kepada orang-orang yang datang dan masuk ke dalam masjid pertama kali untuk melaksanakan sholat jumat di masjid.  Oleh karena itu hendaknya kita jangan sampai tertidur pada saat khutbah jumat disampaikan agar bisa menyimak dan mengambil berbagai kebaikan-kebaikan dalam khutbah secara maksimal, sehingga pahala dan kebaikan yang didapat bisa lebih besar.

Mencegah Tidur dengan Tidur

Salah satu cara yang paling efektif dalam mencegah tertidur lelap saat sedang mendengarkan khutbah jumat yang disampaikan oleh khotib jumat di masjid adalah dengan tidur.  Tidur adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi rasa kantuk yang muncul pada saat sedang mendengarkan khutbah jumat.  Oleh karena itu sebaiknya beberapa saat sebelum sholat jumat hendaknya tidur terlebih dahulu.  Misalnya tidur dari jam 10 hingga jam 11, lalu kemudian bangun dan bersiap-siap pergi ke masjid.

Namun khusus untuk yang memiliki aktivitas penting sebelum datangnya waktu sholat jumat seperti bekerja, sekolah, kuliah, berdagang, dan lain sebagainya sebaiknya menyesuaikan waktu tidur dengan situasi dan kondisi yang ada.  Jangan sampai tidur pada saat sedang bekerja.  Oleh sebab itu hendaknya meminta izin terlebih dahulu kepada atasan atau pihak yang mempekerjakan untuk beristirahat sebelum melaksanakan sholat jumat dengan cara tidur.  Bisa juga dengan numpang tidur di masjid (di tempat yang diperbolehkan) agar tidak tertinggal sholat jumat ketika waktunya sudah masuk.  Mudah-mudahan dengan cara ini kita bisa mengatasi rasa mengantuk kita pada saat khotib menyampaikan khutbah jumat.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Agar Tidak Ngantuk & Tidur Saat Khotib Khutbah Jumat"

Poskan Komentar