Penyebab Mata Rusak/Sakit Karena Menggunakan Handphone/Ponsel

Setiap segala sesuatunya yang dilakukan secara berlebihan biasanya akan menimbulkan suatu efek samping yang tidak baik.  Termasuk dalam urusan pemakaian handphone atau ponsel sehari-hari pun bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia jika digunakan terlalu berlebihan atau digunakan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan yang seharusnya.  Apalagi dari hari ke hari ada banyak hal baru dan canggih yang bisa dilakukan di handphone smartphone yang baru.

Beberapa keluhan kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh para pemakai gadget handphone, tablet, pda, dan sebangsanya adalah penglihatan kabur, mata kering, mata merah dan mata nyeri sakit pada organ tubuh bagian mata.  Semua itu pada dasarnya diakibatkan oleh kurangnya berkedip saat menggunakan telepon genggam pintar.  Menatap layar ponsel secara serius bisa dilakukan dalam jangka waktu yang lama hingga berjam-jam, sehingga tidak mengherankan apabila ada banyak orang yang mengalami gejala-gejala di atas dari yang ringan hingga yang parah.

Beberapa Penyebab / Pemicu Gangguan Kesehatan Mata Akibat Handphone / Smartphone :

1. Mata Kurang Berkedip Saat Menggunakan Gadget
2. Terlalu Dekat Menatap Layar Ponsel
3. Pengaturan Cahaya Handphone Terlalu Terang / Silau
4. Terlalu Lama Menatap Layar HP
5. Kurang Istirahat Ketika Lama Memakai Hape

Dari berbagai penyebab gangguan mata di atas mungkin masih terdapat banyak penyebab lainnya yang harus kita waspadai.  Karena bisa saja mata kita bisa menjadi rusak permanen jika dipaksa untuk melakukan aktivitas yang di luar batas kemampuannya.  Jadilah orang yang bijaksana dengan membatasi waktu penggunaan handphone untuk kebutuhan komunikasi, hiburan, pencarian informasi dan lain sebagainya.  Jika mata sudah rusak permanen maka tiada gunanya menyesal di kemudian hari.  Lebih baik merenungi efek dampak buruknya sekarang dan menyesal saat ini daripada menyesal belakangan jika mata sudah dirusak handphone.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Penyebab Mata Rusak/Sakit Karena Menggunakan Handphone/Ponsel"

Poskan Komentar