Cara Balas Dendam Pada Orang Lain yang Baik dan Benar

Pada saat seseorang merasa benci atau tidak suka pada orang lain terkadang muncul keinginan untuk melakukan pembalasan atas apa yang telah dilakukan oleh orang tersebut.  Jika orang lain telah berbuat jahat atau berbuat sesuatu yang tidak menyenangkan, akan muncul rasa ingin balas dendam pada korban yang memiliki jiwa pendendam.  Celakanya adalah apabila keinginan untuk membalas dendam bersifat ekstrim sehingga ingin membalas berkali-kali lipat dari apa yang telah orang lakukan kepadanya.

Walaupun secara ajaran agama Islam membolehkan balas dendam sesuai apa yang telah diperbuat, namun lebih direkomendasikan untuk tidak melakukan balas dendam.  Lebih-lebih jika ingin membalaskan dendam lebih dari apa yang orang lain lakukan maka hal itu menjadi sesuatu yang dilarang untuk dilakukan.  Dengan begitu maka tidak akan ada lagi perbuatan saling balas-membalas dendam karena pelaksanaan balas dendam yang setimpal atau bahkan tanpa ada balas dendam sama sekali.

Tips Cara Membalas Dendam yang Membawa Berkah dan Kebaikan untuk Banyak Orang

Daripada membalas dendam buta hanya karena faktor emosi sesaat saja, tentu akan lebih bermanfaat lagi apabila melakukan balas dendam yang sifatnya terpuji dan bahkan direkomendasikan oleh banyak orang di dunia ini.  Dalam ajaran agama Islam kita diajarkan untuk lebih memilih memaafkan orang atas perbuatan tidak baiknya kepada diri kita.  Selain memberi maaf secara penuh / total dan secara tulus ikhlas kita pun justru diajarkan untuk mendoakan orang yang telah menzolimi kita.

Efek Balas Dendam yang Positif

Memang yang pasti akan terdengar sangat aneh ketika balas dendam yang biasanya sifatnya negatif berubah menjadi positif karena balas dendam yang seharusnya dilakukan dengan kekerasan berubah menjadi pemberian maaf dan pemberian do'a.  Jika diri kita yang melakukan salah, kita pun akan merasa sangat senang dan bahagia lahir batin apabila orang yang menjadi korban memberikan kita maaf dan juga mendoakan kebaikan-kebaikan bagi diri kita.

Lalu di mana letaknya keberkahan dan kebaikan bagi banyak orang dari pembalasan dendam yang baik?  Caranya sangatlah mudah dan sederhana.  Kuncinya yaitu pada doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT kepada orang yang melakukan kejahatan atau ketidakbaikan kepada diri kita.  Berdoalah memohon berbagai kebaikan kepada orang yang kita ingin balas dendam beserta turunan-turunannya agar diberikan berbagai kebaikan sebagai berikut di bawah ini :

- kekayaan
- keberkahan
- kemakmuran
- kecerdasan
- kehebatan
- keimanan
- ketakwaan
- keberanian
- kebahagiaan
- kesadaran
- kepedulian
- kedermawanan
- kesopanan
- kemakbulan doa
- kepemimpinan
- ketegasan
- kebenaran
- keadilan, dan lain sebagainya

Setelah doa permohonan kebaikan-kebaikan di atas dipanjatkan dengan hati yang bersih dan tulus ikhlas maka selanjutnya kita mohon agar berbagai kebaikan yang diberikan nantinya kepada orang yang menzalimi kita tersebut akan memberikan dampak langsung dan juga dampak tidak langsung yang bersifat positif (baik) kepada diri kita, keluarga kita, dan juga keturunan-keturunan kita serta banyak orang lainnya.  Dengan begitu maka jika doa kita diijabah / dikabulkan oleh Allah SWT maka kita akan mendapakan pembalasan dendam yang berbuah manis serta bermanfaat bagi banyak orang.

Diri kita pun juga bisa turut mendapatkan pahala yang berlimpah akibat dari banyaknya kebaikan yang diterima oleh orang lain yang berasal dari doa kita yang sederhana.  Karena do'a orang yang terzalimi / teraniaya lebih makbul daripada doa orang yang berada dalam kondisi yang normal.  Tidak hanya diri kita saja yang mendapatkan kebaikan, namun orang lain pun juga turut mendapatkan kebaikan.  Benar-benar pembalasan dendam yang luar biasa indah bukan?

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Balas Dendam Pada Orang Lain yang Baik dan Benar"

Poskan Komentar