Terbaru :
Home » , , , » Cara Belanja Barang Kebutuhan Pokok Harga Paling Murah Berkualitas

Cara Belanja Barang Kebutuhan Pokok Harga Paling Murah Berkualitas

Oleh godam64 pada 30 Desember 2012 | 23:59

Salah satu kegiatan rutin manusia adalah mempersiapkan berbagai barang kebutuhan pokoknya yang akan dipergunakannya baik untuk diri sendiri maupun bersama anggota keluarga lainnya. Jika tidak mendapatkannya langsung dari alam, maka solusi alternatifnya adalah dengan mendapatkannya dari orang lain entah dengan cara tukar-menukar, saling memberi saling menerima, atau jual beli. Jual beli adalah aktivitas hidup yang biasa kita saksikan setiap hari sebagai suatu upaya untuk pemenuhan berbagai kebutuhan hidup.
Karena daya beli manusia itu terbatas akibat dari adanya biaya peluang (opportunity cost), maka orang-orang yang memiliki kemampuan daya beli rendah akan berupaya untuk mencari barang kebutuhan pokok dengan harga yang termurah agar dengan uang yang terbatas dapat terbeli semua barang-barang kebutuhan pokok yang dibutuhkannya. Syukur-syukur masih terdapat dana sisa untuk membeli barang-barang kebutuhan sekunder maupun tersier. Semakin murah suatu barang bisa kita beli, maka semakin besar peluang kita untuk memiliki uang lebih banyak untuk dibelanjakan barang kebutuhan hidup lainnya.
Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan/membeli barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah dengan kualitas barang yang sama :
1. Membeli Di Agen
Daripada membeli secara eceran di warung, toko, minimarket, supermarket maupun hipermarket, akan jauh lebih murah jika membeli di agen yang menjual barang kebutuhan pokok secara grosir. Grosir artinya adalah bahwa toko tersebut tidak menjual barang dagangannya secara satuan, namun manjualnya dalam jumlah tertentu dengan harga yang lebih murah daripada membeli secara satuan. Biasanya para pedagang eceran membeli barang dagangannya dari agen-agen yang ada di sekitarnya. Untuk barang-barang yang awet dan tahan lama tidak ada salahnya membeli dalam jumlah banyak agar lebih hemat.
2. Sambil Jualan Barang Kebutuhan Pokok / Utama
Dengan membuka warung atau toko barang kebutuhan pokok kita bisa membeli barang-barang kebutuhan pokok dengan harga modal atau harga beli kita ke agen. Stok barang yang tidak terpakai dalam waktu dekat dapat dijual di toko atau warung kita sendiri kepada para konsumen. Dengan begitu selain mendapatkan barang kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga murah, juga bisa mendapatkan uang tambahan dari keuntungan menjual barang-barang kebutuhan pokok di toko kita. Tanpa membuka toko pun kita juga bisa menawarkannya ke anggota keluarga, tetangga, teman, orang yang ada di sekitar kita dan melalui media internet.
3. Membuat Perkumpulan Konsumen
Akan lebih baik lagi kita bersama-sama dengan orang-orang yang senasib membuat suatu koperasi yang bertujuan utama memenuhi kebutuhan pokok para anggotanya dengan harga yang sangat murah. Tanpa membentuk koprasi pun juga bisa namun harus ada salah satu peserta yang sukarela meluangkan waktu, tenaga, biaya dan perasaan maupun pikirannya untuk mengurusi kebutuhan hidup peserta yang lainnya. Seperti kita ketahui bahwa semakin besar jumlah barang yang dibeli maka semakin besar posisi daya beli kita terhadap penjual maupun produsen. Jika pesertanya banyak maka sekali beli bisa dalam jumlah yang luar biasa besar sehingga dapat langsung negosiasi ke produsen untuk mendapatkan harga yang paling murah dari yang murah.
Semoga dengan adanya tulisan yang singkat dan sederhana ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungan anda di situs web organisasi.org ini.
Rekomendasikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Link Singkat Organisasi.Org | Bacaan Singkat Sarat Ilmu | Forum Komunitas yang Baik
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger