Cara Membuat Biaya Telekomunikasi Menjadi Murah/Gratis Pada Organisasi/Bisnis

Komunikasi jarak jauh merupakan hal mutlak yang sangat penting untuk menunjang kegiatan bisnis saat ini. Tanpa adanya telekomunikasi yang baik dapat menjadi rintangan bagi organisasi atau bisnis untuk dapat dengan cepat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Telekomunikasi yang baik, lancar, cepat dan tepat dapat membuat kegiatan kerja menjadi efektif dan efisien.

Masalahnya adalah biaya telekomunikasi tidak selamanya murah. Dengan tarif yang berlaku umum saat ini bagi bisnis kecil dan menengah masih dianggap terlalu mahal. Untuk itu diperlukan suatu cara yang dapat mempermurah biaya pengeluaran untuk komunikasi dalam lingkungan bisnis atau organisasi. Ada tehnik / trik dasar yang dapat dipergunakan untuk membuat murah atau gratis telekomunikasi.

1. JARINGAN TELEPON LOKAL

Gunakan jaringan khusus di lingkungan kerja anda seperti PABX yang dapat memberikan pesawat telepon pribadi ke asung-masing anggota atau pegawai sehingga mereka dapat berhubungan satu sama lain tanpa dikenakan tagihan biaya operator telekomunikasi. Sistem ini cocok digunakan untuk lingkungan tertutup misalnya untuk satu gedung kantor.

2. MENGGUNAKAN OPERATOR TELEPON MURAH SERENTAK

Saat ini dengan banyaknya operator telepon yang bersaing di pasar, maka dapat memberikan keuntungan pada kita. Kita bisa mempelajari sistem tarif dari semua operator, memikirkan baik buruknya lalu menetapkan produk telekomunikasi operator mana yang dipilih. Misalnya perusahaan bisa menetapkan suatu operator telepon hemat yang wajib dipakai oleh semua karyawan, seperti axis, esia, flexi, 3, im3, dan lain sebagainya. Operator bisa diubah jika ada penawaran yang lebih baik.

Perusahaan bisa meminjamkan hp / ponsel atau mewajibkan beli sendiri bagi karyawan yang tidak punya handphone atau tidak mau mengganti nomor telepon yang sudah ada (beserta kartu perdana). Jika tarif permenit bisa 50 rupiah untuk bicara dan Rp. 10 persms maka akan sangat signifikan biaya yang dapat dihemat jika antar pegawai tidak berada dalam satu lingkungan (jarak jauh).

3. MENGGUNAKAN INTERNET

Saat ini penggunaan internet semakin marak karena bisa diakses melalui hape ponsel yang kita miliki. Suatu organisasi / perusahaan bisa mendayagunakan internetnya untuk telekomunikasi. Tarif yang semakin murah dari hari ke hari dengan akses yang tidak terbatas (unlimited) akan sangat menguntungkan sekali. Misalnya menggunakan aplikasi chat, voip, forum / message board, email, file transfer protocol, video conference, dan lain sebagainya untuk hubungan komunikasi antar cabang di seluruh dunia maupun dalam satu ruang lingkup lingkungan bisnis.

-----

Tambahan :
- Tips ini hanya untuk pemula / dasar. Bagi yang sudah mahir harap beri tambahan atau masukan.
- Jangan mencuri atau membobol sistem telekomunikasi milik orang lain demi kepentingan pribadi / golongan karena bisa mengganggu aktivitas orang lain dan mungkin membuat anda dipidana.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Membuat Biaya Telekomunikasi Menjadi Murah/Gratis Pada Organisasi/Bisnis"

Posting Komentar