Terbaru :
Home » , , , , , » Cara Membuat Komunitas/Perkumpulan/Grup Maya Di Internet Online Gratis

Cara Membuat Komunitas/Perkumpulan/Grup Maya Di Internet Online Gratis

Oleh godam64 pada 09 Januari 2010 | 07:06

Sekarang memang jamannya zaman modern yang menggunakan perangkat elektronik plus internet untuk berbagai aktivitas manusia. Salah satunya adalah komunitas maya di mana suatu perkumpulan, paguyuban, kelompok, tim, grup, genk, klub, perhimpunan, atau lain sebagainya menggunakan media internet untuk tempat berkomunikasi dan tukar-menukar informasi secara online.

Salah satu syarat utama agar komunitas online tersebut berhasil adalah sebagian anggota komunitas tersebut harus paham ponsel/komputer dan internet, karena untuk ikut serta dalam komunitas virtual tersebut harus mengakses internet dengan menggunakan telepon genggam (hp) atau komputer/laptop. Setiap komunitas juga butuh satu atau beberapa orang yang bertindak sebagai admin/moderator yang mengelola dan menjaga komunitas tetap aman dan berjalan lancar.

Orang-Orang Yang Terlibat Komunitas Online :

1. Pemilik / Owner / Admin
Biasanya owner adalah pemilik sekaligus admin komunitas yang menjaga komunitas tetap berjalan lancar tanpa gangguan secara fisik (hosting, domain, konten, script, dll) yang kadang bertindak rangkap ganda sebagai moderator.

2. Moderator
Jika pemilik komunitas virtual butuh orang lain untuk menjaga komunikasi antar anggota tetap terjaga baik bebas gangguan, maka akan diangkat satu atau banyak moderator yang berasal dari anak buah, kenalan atau anggota komunitas yang bisa dipercaya.

3. Anggota
Anggota komunitas maya adalah orang-orang yang diberi akses untuk melakukan aktivitas dalam komunitas maya dengan aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi demi menjaga komunitas tetap berjalan baik. Anggota ada yang aktif dan ada juga yang pasif di mana yang aktif akan ikut serta dalam perbincangan dan aktivitas lain, sedangkan yang pasif hanya menonton anggota aktif beraksi.

4. Tamu
Biasanya tamu hanya bisa melihat aktivitas komunikasi antar anggota komunitas dalam batasan-batasan tertentu. Jika ingin batasan-batasan itu hilang atau berkurang, maka tamu harus daftar menjadi anggota komunitas dengan seizin admin atau moderator. Tamu datang dan tamu pergi, sebagian mungkin jika berminat akan tertarik bergabung dalam komunitas.

Beberapa Jenis/Macam Bentuk-Bentuk Komunitas Maya Di Internet

1. Mailing List (Milis)
Prinsip milis adalah setiap pesan yang dikirim akan diterima di email para anggota baik untuk topik/pesan baru dan balasan/komentar. Milis yang sangat aktif bisa membuat inbox anggota menjadi banjir mail jika tidak diset dengan konfigurasi tertentu. Milis agak sulit dimoderasi jika pesan yang dikirim langsung disebar karena tidak ada yang memantau tiap-tiap pesan.
Contoh : groups.yahoo.com dan groups.google.com

2. Forum
Forum adalah situs web yang lebih condong ke arah komunikasi oblolan antar anggota forum di mana setiap obrolan akan direkam dan setiap anggota bisa membacanya kapanpun. Ada yang bertindak membuat topik baru dan ada yang memberi komentar. Di forum juga bisa membuat komunitas dari beberapa anggota forum, tergantung jenis forumnya.
Contoh : www.forumotion.com dan www.freeforums.org

3. Blog
Blog adalah suatu situs pribadi yang dapat menjadi tempat berkespresi dengan berbagai fitur/fungsi. Dengan blog kita bisa menulis apa pun yang kita mau dan tamu bisa ikut memberi komentar atas tulisan yang kita tulis. Blog biasanya tidak memiliki anggota karena yang mungkin hanyalah sebagai pengikut, pelanggan postingan baru dan tamu biasa.
Contoh : www.wordpress.com dan www.blogger.com

4. Jejaring Sosial
Di situs jejaring sosial kita bisa terhubung dengan teman-teman kita sehingga memudahkan kita berkomunikasi tanpa harus mengirim email. Di dalam website jejaring sosial juga terdapat fungsi membuat grup dan bergabung dalam suatu grup komunitas dengan dilengkapi berbagai fitur/fungsi yang berguna bagi para pemakai/pengguna. Komunitas jenis social network ini hanya bisa diakses dan digunakan oleh sesama pengguna situs jejaring yang sama saja.
Contoh : www.facebook.com dan www.twitter.com

Cara Membuat Komunitas Online Di Internet

Untuk membuat perkumpulan grup maya di internet kita harus datang ke penyedia layanan gratis tersebut seperti yang ada di contoh di atas. Kunjungi webnya, daftar sebagai anggota dan kemudian bangun dan buat komunitas. Jika anda cukup menguasai teknik-teknik internet, maka anda bisa membuat sendiri komunitas maya tanpa harus memakai yang gratisan. Namun butuh modal, waktu, tenaga dan pikiran untuk membuatnya.

Sekian terima kasih. Selamat mencoba!
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Situs Web Inggris | Situs Web Indonesia | Toko Online
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger