Cara Membuat Surat Keterangan Sakit Izin Tidak Masuk Kerja/Sekolah

Sakit adalah sesuatu hal yang wajar pada diri seorang manusia.  Manusia adalah makhluk yang lemah yang bisa jatuh sakit kapan saja dan di mana saja.  Dalam situasi tertentu, seseorang harus serius menanggapi penyakit yang dideritanya agar lekas sembuh kembali bugar seperti sedia kala.  Beberapa upaya dasar dalam mengatasi penyakit yang diderita oleh manusia adalah seperti mengkonsumsi obat dan beristirahat tidak melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan fisik.

Ketika seseorang harus beristirahat secara penuh di rumah, di rumah sakit, di puskesmas, di poliklinik, dan lain sebagainya karena sakit, maka orang tersebut mau tidak mau harus meninggalkan segala aktivitas rutinnya di kantor, sekolah, kampus, pabrik, toko, warung, dan lain sebagainya.  Agar tidak dianggap tidak masuk tanpa keterangan alias alpa, hendaknya melakukan konfirmasi kepada petugas absen bahwa ketidakhadiran yang terjadi disebabkan oleh sakit.  Tentunya dengan melampirkan surat keterangan sakit dan harus beristirahat atau dirawat penuh dari dokter.  Lalu, bagaimanakah cara mendapatkan surat sakit dari dokter?

Tips Cara Mendapatkan Surat Keterangan Sakit dari Dokter :

1. Datang ke dokter, baik dokter yang ada di rumah sakit, puskesmas, klinik, maupun dokter praktek yang berpraktek secara mandiri di sekitar masyarakat.

2. Memeriksakan diri ke dokter untuk didiagnosa penyakit yang diderita sehingga dokter dapat memberikan resep obat dan juga nasihat-nasihat yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

3. Setelah pemeriksaan dokter berakhir dan resep obat atau obatnya sudah di tangan, maka mintalah surat kerangan sakit dari dokter agar bisa izin tidak masuk kerja atau tidak masuk sekolah / kuliah.

4. Simpan surat izin tidak masuk karena sakit tersebut hingga sembuh.  Serahkan kepada pihak yang berwenang terhadap absensi agar ketidakhadiran yang terjadi bisa diberi keterangan "sakit".

5.  Jika ternyata setelah masa izin surat sakit berakhir namun penyakit yang diderita masih belum menunjukkan tanda-tanda yang menggembirakan, maka sebaiknya kembali berobat ke dokter untuk meminta surat keterangan sakit tambahan.

Sebagai orang yang baik, hendaknya tidak melakukan tindakan yang tidak terpuji dengan membuat surat keterangan sakit dari dokter yang mengada-ada.  Janganlah membuat surat sakit dokter jika tidak sedang benar-benar sakit yang membutuhkan istirahat yang cukup banyak di rumah.  Mudah-mudahan izin sakit telah dipintakan dari dokter tersebut dapat diterima dengan baik oleh kantor, sekolah, kampus, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Membuat Surat Keterangan Sakit Izin Tidak Masuk Kerja/Sekolah"

Poskan Komentar