Alasan Penyebab Anak Sekolah Tidak Masuk Sekolah

Pelajar yang baik adalah pelajar yang selalu hadir di sekolah sesuai jadwal yang ada dan mentaati berbagai peraturan yang berlaku.  Namun tidak selamanya seorang siswa sekolah bisa datang hadir ke sekolah untuk mengikuti kegiatan belajar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.  Kadangkala ada siswa atau siswi yang tidak dapat hadir di sekolah untuk menuntut ilmu.  Ada banyak faktor yang menentukan ketidakhadiran seorang siswa di sekolah.  Di antaranya adalah sebagai berikut di bawah ini.

Beberapa Hal / Alasan / Faktor Penyebab Siswa atau Murid Tidak Masuk Sekolah :

1. Jatuh Sakit

2. Mendapat Musibah

3. Izin Karena Ada Keperluan Mendesak

4. Izin Karena Ada Acara Keluarga

5. Mendapatkan Dispensasi karena Melakukan Sesuatu Hal yang Penting

6. Bencana Alam (Banjir, Tsunami, Gunung Meletus, Tanah Longsor, dll)

7. Kejadian Luar Biasa (Macet Total, Huru-Hara, Tawuran, Demo, Kudeta, Perang, dsb)

8. Alpa / Membolos

9. Mendapat Skorsing / Hukuman dari Sekolah

10. Terlambat Masuk Sekolah Sehingga Tidak Diizinkan Masuk

11. Hari Libur / Tanggal Merah

12. Sekolah Sedang Diliburkan

13. Drop Out (DO) / Dikeluarkan dari Sekolah

14. Kunci Pintu Sekolah Tidak Ada atau Hilang

Setiap siswa yang tidak masuk sekolah hendaknya menginformasikan ketidakhadirannya beserta alasannya kepada sekolah, guru atau teman sekolahnya.  Dengan begitu ketidakhadiran siswa yang tidak masuk dapat menjadi jelas statusnya.  Apabila seorang siswa tidak memberitahukan ketidakmasukannya, maka bisa jadi ketidakmasukan tersebut akan dianggap sebagai alpa, alias tidak hadir tanpa keterangan.

Di era yang canggih dan modern ini, mengabarkan ketidakhadiran bisa dilakukan melalui telepon, sms, mms, sosial media, dan lain sebagainya.  Cukup mengirimkan pesan kepada pihak yang mengurus absen di sekolah, maka orang-orang yang ada di sekolah tidak akan khawatir dengan ketidakhadiran yang terjadi.  Akan jauh lebih baik lagi jika yang memohonkan izin tidak masuk sekolah adalah orangtua siswa yang tidak masuk sekolah.  Izin tersebut didukung dengan surat tertulis yang nantinya diberikan kepada guru atau pihak yang berwenang mengurusi absensi siswa.

Namun untuk tidak masuk sekolah yang disebabkan oleh sakit biasanya akan membutuhkan surat keterangan sakit dari dokter sebagai bukti bahwa ketidakhadiran tersebut benar-benar disebabkan oleh sakit lahir ataupun sakit batin.  Surat keterangan sakit yang didapat dari dokter nantinya diberikan kepada guru atau pihak yang berwenang mengurusi absensi setelah kembali sehat dan masuk sekolah seperti biasa.  Dengan adanya barang bukti yang jelas, maka pihak yang mengurus absen tidak akan ragu dalam menentukan jenis ketidakhadiran siswa yang tidak masuk sekolah.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Alasan Penyebab Anak Sekolah Tidak Masuk Sekolah"

Poskan Komentar