Cara Membuat Uang Bekerja Untuk Kita Lewat Penghasilan Pasif

Ada banyak orang yang ingin mempunyai uang banyak tanpa harus bekerja keras membanting tulang memeras keringat dalam kehidupan sehari-harinya.  Namun tidak banyak orang yang mampu mewujudkannya akibat keterbatasan pengetahuan maupun keterbatasan semangat untuk mewujudkan cita-cita tersebut.  Untuk bisa mendapatkan penghasilan pasif yang cukup besar memang dibutuhkan pengetahuan serta kemampuan yang cukup dalam usaha yang digeluti, agar tidak menjadi korban penipuan maupun menjadi korban dari para pesaing pada bisnis yang sama.

Tahap / Langkah Menjadikan Uang Bekerja Untuk Kita (Mencari Penghasilan Pasif / Passive Income) yang Baik :

1. Mengumpulkan Modal dari Sumber yang Halal

Untuk mendapatkan modal yang cukup bisa didapat melalui pemberian orang lain maupun dari hasil kerja keras kita.  Jika saat ini kita tidak mempunyai modal yang cukup untuk memulai suatu usaha atau untuk membeli aset potensial maka yang bisa kita lakukan adalah menabung dengan penuh kesabaran.  Perbanyaklah sedekah untuk membuka pintu rejeki anda dari cara yang tidak kita duga-duga dari Allah SWT.  Bekerjalah kepada orang lain dengan penuh tanggung jawab dan semangat membara agar bisa mendapatkan uang lebih yang nantinya dapat digunakan untuk tabungan.  Tabunglah uang kita dalam bentuk dinar emas dan dirham perak agar terhindar dari inflasi serta mudah untuk dikeluarkan zakatnya setiap tahun jika telah mencapat nisab.

2. Memulai Usaha atau Membeli Aset Produktif Potensial

Di saat uang yang kita tabung sudah agak banyak maka mulailah berburu untuk membeli aset-aset produktif potensial seperti tanah di daerah pemukiman, sawah atau kebun di daerah subur, kios atau toko di daerah yang ramai, dan lain sebagainya.  Mulailah merintis usaha dengan penuh semangat dan jangan lupa untuk mencari ilmu agama yang berhubungan dengan usaha anda agar tidak mendapatkan dosa dari Allah SWT.  Carilah informasi yang sebanyak-banyaknya mengenai bisnis yang akan dijalani agar bisa mengambil tindakan yang tepat sehingga resiko rugi atau pun bangkrut bisa dijauhi sejauh-jauhnya.  Pada langkah pertama jadilah manajer usaha secara langsung dengan merekrut beberapa pegawai untuk membantu kita dari orang-orang yang dapat dipercaya.

3. Melimpahkan Tanggung Jawab Kepada Orang yang Dapat Dipercaya

Selanjutnya adalah mencari orang yang dapat kita percaya untuk diberikan kepercayaan mengelola usaha yang kita geluti.  Usahakan untuk mencari orang yang bukan dari keluarga atau kerabat kita sendiri agar jika suatu saat nanti muncul permasalahan tidak terbawa-bawa menjadi urusan keluarga dan kita pun akan mudah untuk memecat orang tersebut.  Carilah orang yang jujur, bertakwa kepada Allah SWT, berjiwa bisnis, pekerja keras, dan memiliki kemampuan untuk mengelola usaha yang kita miliki tersebut.

4. Melakukan Pengawasan, Evaluasi dan Perbaikan

Setelah usaha kita dijalankan oleh orang lain yang bisa kita percaya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengawasan, melakukan evaluasi dan melakukan perbaikan ketika diperlukan.  Pada tahap ini kita pun dituntut untuk selalu melakukan monitoring pada usaha kita, terus belajar untuk mengembangkan usaha, mencari informasi mengenai persaingan dunia usaha sejenis, dan lain sebagainya.  Jadilah orang yang bijaksana walaupun hanya sebatas pemilik usaha dengan menyerahkan berbagai urusan kecil kepada orang yang telah kita beri kepercayaan, kecuali sudah sangat keterlaluan.  Lakukanlah perbaikan dan pengembangan bisnis jika dirasa sudah diperlukan agar usaha yang kita miliki bisa bertahan dan berkembang sesuai dengan harapan kita.

5. Melakukan Pengulangan Terus-Menerus

Tetaplah menabung dan bertindak bijaksana atas keuntungan usaha yang telah diperoleh.  Jangan menjadi orang yang boros dan konsumtif ketika usaha kita memperolah keuntungan yang besar.  Yang harus kita lakukan justru melakukan langkah nomor satu hingga nomor lima pada artikel ini secara berulang-ulang sehingga kita bisa memiliki usaha dalam jumlah besar pada jenis usaha yang sama maupun berbeda-beda.  Upayakan memiliki usaha pada jenis usaha yang berbeda-beda agar tidak langsung runtuh bisnis kita ketika terjadi krisis pada jenis usaha yang kita geluti.  Jadilah orang yang baik dan tidak sombong ketika sudah sukses, karena kesuksesan kita merupakan salah satu bentuk ujian Allah SWT kepada manusia dalam bentuk yang menyenangkan.

Itulah beberapa tips ringan dari blog atau situs web yang sederhana ini.  Semoga dengan adanya tips ini anda dapat menjadi seorang pengusaha yang sukses serta sholeh.  Bila anda memiliki tips tambahan anda bisa menambahkannya melalui fasilitas komentar yang ada di bawah tulisan ini.  Selamat mencoba dan semoga anda berhasil menjadi seorang pengusaha yang andal di bidangnya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Membuat Uang Bekerja Untuk Kita Lewat Penghasilan Pasif"

Posting Komentar