Jenis/Macam Seragam Sekolah Siswa Pelajar SD, SMP, SMA di Indonesia

Seorang pelajar sekolah harus pergi ke sekolah setiap hari kecuali hari libur sekolah tepat waktu sesuai dengan peraturan yang berlaku di sekolahnya.  Para pelajar baik laki-laki maupun perempuan harus memakai pakaian seragam yang telah ditentukan oleh sekolah dalam kondisi yang rapi dan bersih.  Bagi siswa yang tidak mengikuti aturan dalam berseragam, maka pihak sekolah dapat memberikan sanksi kepada siswa tersebut.  Selain itu siswa yang seragamnya tidak sesuai juga akan merasa malu dengan teman-temannya di sekolah karena salah memakai seragam.

Berikut ini adalah jenis-jenis / macam-macam pakaian seragam sekolah yang ada di Indonesia :

A. Seragam Standar

1. Baju / Pakaian Seragam Upacara

Seragam upacara adalah seragam yang terdiri dari baju atasan kemeja warna putih dan celana bawahan berwarna putih juga.  Ketika upacara setiap siswa diwajibkan untuk memakai atribut seragam lengkap seperti topi, dasi, ikat pinggang hitam, sepatu warna hitam dan kaus kaki warna hitam.  Biasanya seragam ini digunakan di hari senin untuk upacara atau hari-hari besar tertentu yang diadakan upacara khusus.

2. Baju / Pakaian Seragam Umum

Seragam umum adalah seragam yang terdiri dari baju atasan kemeja warna putih dan celana bawahan dengan warna yang disesuaikan dengan peraturan sekolah.  Biasanya untuk SD (sekolah dasar) adalah warna merah, warna biru tua untuk SMP (sekolah menengah tingkat pertama) dan warna abu-abu untuk SMA (sekolah menengah tingkat atas).  Namun tidak menutup kemungkinan adanya warna bawahan lain maupun corak dan warna atasan lainnya.  Misalnya warna hijau untuk warna bawahan celana sekolah islam, baju kemeja kotak-kotak, seragam rompi, dan lain sebagainya.  Biasanya seragam umum dipakai setiap hari selasa dan rabu.

3. Baju / Pakaian Seragam Pramuka

Seragam pramuka adalah seragam yang terdiri dari atasan dan bawahan baju pramuka yang dilengkapi dengan atribut lengkap.  Atribut pramuka terdiri dari topi pramuka, dasi pramuka dan penjepitnya, set priwitan bahu, pisau pramuka, ikat pinggang hitam, sepatu hitam dan kaus kaki warna hitam.  Seragam pramuka biasa digunakan pada hari rabu atau hari sabtu tergantung kebijakan sekolah masing-masing.

4. Baju / Pakaian Seragam Batik

Seragam batik adalah seragam yang terdiri dari atasan kemeja batik dan bawahan celana hitam.  Pakaian seragam batik biasanya digunakan pada hari kamis atau hari jum'at.  Seragam batik adalah seragam yang umum digunakan oleh masyarakat indonesia setelah UN (united nations) alias PBB (perserikatan bangsa-bangsa) menetapkan batik sebagai warisan budaya bangsa indonesia.  Semenjak itu pemerintah membuat peraturan yang menjadikan pakaian batik sebagai salah satu pakaian seragam resmi tenaga kerja dan pelajar indonesia.

5. Baju / Pakaian Seragam Daerah / Muslim

Seragam daerah adalah seragam yang terdiri dari pakaian adat daerah yang jenisnya disesuaikan dengan daerah setempat.  Masing-masing provinsi biasanya memiliki pakaian adatnya masing-masing.  Kebijakan penggunaan pakaian seragam khas daerah disesuaikan oleh pemerintah daerah yang berwenang.  Selain seragam khas adat daerah, untuk daerah yang mayoritas masyarakatnya beragama islam juga bisa memberlakukan kewajiban penggunaan seragam muslim / muslimah untuk para pelajar sekolah maupun untuk para pegawai / karyawan.  Baik seragam adat daerah maupun seragam muslim biasanya dijadwalkan pada hari kamis atau hari jum'at.

B. Seragam Khusus

1. Baju / Pakaian Seragam Bengkel atau Seragam Jurusan

Para siswa SMK (sekolah menengah kejuruan) biasanya mempunyai seragam khusus untuk praktek pada masing-masing jurusannya.  Penggunaannya pun disesuaikan dengan jadwal pelajaran praktek para siswa SMK.  Dalam satu sekolah bisa saja memiliki seragam praktek yang berbeda-beda tergantung jurusan yang diambil oleh siswa.  Namun tidak menutup kemungkinan para siswa mempunyai seragam yang sama untuk satu sekolahan.

2. Baju / Pakaian Seragam Dokter Kecil

Siswa-siswi sekolah dasar yang terpilih oleh pihak sekolah sebagai dokter kecil diperkenankan untuk menggunakan seragam dokter kecil dengan baju atasan kemeja khas dokter kecil warna putih, bawahan celana warna putih dan topi khas warna biru.  Para dokter cilik tersebut diberikan pembekalan tentang hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan dengan harapan para dokter kecil dapat sedikit memahami mengenai dunia kedokteran sedini mungkin.  Pada umumnya seragam dokter kecil digunakan seminggu sekali di sekolah.

3. Baju / Pakaian Seragam Olahraga

Pada pelajaran olahraga biasanya para siswa diharuskan memakai pakaian olahraga lengkap, yaitu pakain training atasan dan bawahannya.  Alas kakinya pun biasanya diwajibkan memakai sepatu kets atau sepatu olahraga.  Namun apabila jadwalnya adalah palajaran teori olahraga, bisa saja guru olahraga mengajar di dalam kelas dan para siswa-siswinya tidak diwajibkan memakai seragam olahraga.  Demikian pula pada saat hujan lebat biasanya pelajaran praktek akan diganti dengan pelajaran teori yang diselenggarakan di dalam kelas dengan nara sumber (pengajar) guru olahraga.

Jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.  Jika ada yang ingin anda tambahkan, silahkan kirimkan melalui komentar di bawah ini.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Jenis/Macam Seragam Sekolah Siswa Pelajar SD, SMP, SMA di Indonesia"

Posting Komentar