Kriteria Ciri-Ciri Tempat Meminjam Uang / Berhutang Uang yang Baik

Di saat terdesak akan kebutuhan ekonomi yang menghimpit, seseorang diperbolehkan untuk mencari pinjaman baik dalam bentuk uang maupun barang dari orang lain.  Hutang telah menjadi hal yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari.  Tidak hanya orang yang berada dalam kesulitan ekonomi saja yang terbiasa berhutang, karena orang-orang kaya pun juga tidak kalah sering dalam melakukan kegiatan berhutang untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Dalam melakukan kegiatan hutang piutang kita tidak boleh sembarangan.  Salah memilih tempat meminjam uang dapat membuat hidup kita menjadi sengsara akibat kejahatan dari pihak yang memberikan hutang.  Selain itu janganlah kita melanggar ajaran agama kita dalam aktivitas pinjam meminjam uang dan barang, karena salah-salah kita bisa mendapatkan dosa dari Allah SWT Tuhan semesta alam.  Usahakan untuk pintar-pintar mencari tempat berhutang atau meminjam uang demi kebaikan kita, keluarga kita serta masyarakat yang ada di sekitar kita.

Beberapa Kriteria atau Ciri Tempat Untuk Mendapatkan Pinjaman Uang yang Baik :

1. Tidak Melakukan Riba

Jika kita diharuskan untuk membayar sejumlah uang tertentu di luar uang yang harus kita kembalikan, maka kelebihan itu adalah riba.  Riba itu dosanya adalah dosa besar.  Bunga pinjaman adalah salah satu bentuk riba yang paling terkenal.  Riba biasanya terdapat pada bank (rentenir modern), lintah darat (rentenir biasa), koperasi, dan juga perorangan maupun perkumpulan.  Pinjamlah uang dari orang yang tidak mensyaratkan pengembalian lebih dari uang yang kita pinjam dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan antara pihak yang meminjam dan pihak yang memberi pinjaman.  Saat mengembalikan juga sebaiknya tidak memberikan tanda terima kasih dalam bentuk apa pun kecuali dalam bentuk ucapan dan doa kepada pemberi pinjaman.

2. Meminjam Dari Orang Baik yang Mempunyai Harta Berlebih

Sebaiknya kita meminjam dari orang yang memiliki perilaku yang baik dalam masyarakat serta memiliki kelebihan harta.  Orang baik yang berkelebihan harta biasanya tidak merasa keberatan jika ada orang lain yang bermaksud untuk meminjam harta yang dimilikinya.  Orang yang baik pun juga tidak akan mempersoalkan apabila uang yang dipinjam tidak lancar pengembalian cicilannya atau meleset dari jadwal pelunasan yang seharusnya.  Seorang dermawan yang baik justru merasa senang meminjamkan kelebihan hartanya kepada orang-orang yang membutuhkan tanpa pamrih karena hanya mengharap balasan pahala dari Allah SWT.

3. Atas Dasar Kepercayaan

Pihak yang baik dalam memberi pinjaman adalah pihak yang memberi pinjaman atas dasar kepercayaan saja.  Si pemberi pinjaman dana atau pun barang tidak mensyaratkan berbagai hal yang memberatkan orang yang meminjam seperti syarat adanya barang jaminan, rekomendasi seseorang, surat perjanjian hutang piutang dengan saksi-saksi, survey, surat keterangan / surat pengantar, dan lain sebagainya.  Pemberi pinjaman pun memiliki sifat ikhlas dan sabar apabila si peminjam tidak mampu mengembalikan pinjamannya pada saat memasuki jatuh tempo.  Bahkan jika memang tidak mampu sama sekali mengembalikan pinjaman, maka si peminjam akan mengikhlaskan pinjamannya sebagai sedekah kepada peminjam, selama si peminjam benar-benar menghadapi kesulitan dalam hidupnya.

4. Uang yang Sebenarnya Untuk Keadilan

Ada baiknya benda yang dihutang piutangkan dalam bentuk mata uang emas dan perak (dinar dan dirham) agar sesuai dengan syariat agama islam.  Uang kertas dan logam adalah sesuatu yang tidak tahan gempuran inflasi.  Jika pada saat meminjam uang nilainya setara dengan seekor sapi, pada saat pengembalian mungkin nilainya bisa turun sehingga hanya setara dengan satu ekor kambing saja.  Jika pinjam meminjam dilakukan dengan dinar atau dirham maka nilainya akan relatif stabil sehingga akan terjadi keadilan baik kepada orang yang meminjam maupun orang yang meminjamkan.

Itulah tadi beberapa ciri dari tempat untuk mendapatkan hutang atau kasbon yang baik, agar kita selamat dari keburukan dunia dan juga keburukan akhirat.  Kurang lebihnya mohon maaf, semoga anda berhasil mendapatkan pinjaman dari pihak yang baik serta mampu mengembalikan pinjaman tersebut tanpa disertai oleh kesulitan apa pun.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

1 Komentar Pada "Kriteria Ciri-Ciri Tempat Meminjam Uang / Berhutang Uang yang Baik"

  1. Mana ada jaman sekarang ada hutang tanpa bunga. Andaikata ada 1:100000000.
    Penulis hanya melihat dari sudut agama saja.
    Yang ada malah yang mau hutang ndak jadi dapat pinjaman.
    Ini fakta yang terjadi di lapangan.

    BalasHapus