Cara Memilih Lokasi Tempat Tinggal (Rumah) Luar Kota yang Jauh Dari Kantor

Menentukan tempat untuk rumah yang akan menjadi tempat tinggal bagi anda dan keluarga adalah bukan hal yang sepele.    Harga rumah yang tinggi di kota besar telah memaksa banyak orang untuk membeli rumah di tempat yang jauh dari tempat bekerja di luar kota.  Ada banyak hal yang perlu untuk dipertimbangkan secara serius agar lokasi tempat tinggal yang dipilih tidak akan menjadi beban baru bagi anda.  Jika anda tepat dalam memilih lokasi tempat tinggal, maka anda dan keluarga akan merasa nyaman dalam menjalankan berbagai aktivitas hidup walaupun jauh dari tempat anda bekerja.

Beberapa Faktor/Hal/Kriteria yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Daerah Tempat Tinggal (Rumah) yang Jauh Dari Tempat Bekerja Tulang Punggung Keluarga :

1. Akses yang Cepat dan Mudah

Usahakan memilih daerah tempat tinggal yang dekat dengan akses menuju tempat bekerja alias kantor.  Misalnya dekat dengan jalan utama, dekat dengan stasiun kereta, dekat dengan terminal bis, dan lain sebagainya.  Jarak antara rumah dengan jalan utama besar, stasiun kereta, terminal bus, dan lain-lain pun juga kalau bisa masih bisa dijangkau oleh jalan kaki, sehingga dalam kondisi darurat sekalipun masih mudah dalam menjangkau akses untuk ke luar kota.  Upayakan waktu tempuh dari rumah ke tempat mencari nafkah tidak lebih dari satu setengah jam atau sembilanpuluh menit.

2. Biaya Transportasi yang Terjangkau

Jika ongkos perjalanan dari rumah ke kantor terlalu besar maka penghasilan yang diterima sebagian besar akan habis untuk ongkos perjalanan dari rumah ke kantor saja.  Dengan memilih lokasi tempat tinggal yang dekat dengan akses transportasi publik maka biaya transportasi akan dapat ditekan serendah mungkin.  Contohnya apabila seseorang dari rumah ke stasiun kereta api krl dilakukan dengan cara berjalan kaki, kemudian dilanjutkan perjalanan kereta, dan terakhir dilanjutkan dengan naik angkot jarak dekat ke kantor mungkin akan dapat jauh lebih menghemat pengeluaran transportasi daripada yang membawa kendaraan pribadi ke kantor dari luar kota karena ketidaktersediaan transportasi yang cepat dan mudah menuju kantor.

3. Fasilitas yang Memadai Bagi Keluarga

Sebelum membeli, ada baiknya melakukan survey terlebih dahulu terhadap fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar tempat yang akan kita jadikan tempat tinggal.  Lihat apakah tersedia sekolah, tempat ibadah, taman pendidikan Al-Qur'an, pasar, rumahsakit, fasos (fasilitas sosial), fasum (fasilitas umum), bengkel mobil/sepeda motor, dan lain sebagainya.  Jangan sampai memilih lokasi tempat tinggal yang jauh dari tempat aktivitas sehari-hari anggota keluarga yang lainnya baik isteri/suami, anak-anak dan anggota keluarga lainnya.  Apabila fasilitas jauh dari rumah, maka sudah pasti biaya transportasi anggota keluarga kita akan membengkak atau minimal membutuhkan kendaraan pribadi untuk antar jemput anggota keluarga.

4. Mudah Berkomunikasi Jarak Jauh

Tempat yang jauh dari tempat bekerja dan berada di luar kota belum tentu memiliki akses telekomunikasi yang lengkap sehingga akan mempersulit anda untuk melakukan komunikasi dengan orang lain yang berada di kantor dari tempat tinggal anda.  Pilih wilayah tempat tinggal yang setidak-tidaknya sudah tersedia jaringan telepon seluler sehingga anda dapat menggunakan handphone anda untuk berkomunikasi di rumah anda dan daerah sekitarnya.

5. Tidak Menyebabkan Tekanan Batin

Yang paling terpenting adalah jangan sampai anda mengalami tekanan jiwa karena rasa ketidaknyamanan yang ada rasakan setiap hari kerja secara rutin selama jangka waktu yang lama.  Jika anda merasa tidak betah dengan perjalanan panjang dari rumah ke kantor dalam mencari nafkah untuk menghidupi keluarga anda, maka ada baiknya anda segera mengambil langkah untuk mencari tempat tinggal baru yang dekat dengan kantor anda.  Anggota keluarga yang lain pun juga harus merasa nyaman dan betah dengan tempat tinggalnya untuk lebih adilnya.  Dengan demikian anda sekeluarga akan merasa hidup bahagia walaupun hidup jauh dari kantor tempat anda bekerja mencari penghidupan.

Semoga tulisan yang sederhana ini dapat memberikan banyak kebaikan bagi kita semua, lebih kurangnya mohon maaf dan terima kasih banyak atas kunjungan anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Memilih Lokasi Tempat Tinggal (Rumah) Luar Kota yang Jauh Dari Kantor"

Posting Komentar