Cara Mempercepat Kecepatan Internet Membuat Ngenet Lebih Cepat

Saat ini internet sulit untuk dipisahkan dalam keseharian masyarakat modern di Indonesia.  Internet hadir lewat pc komputer, laptop / notebook, tablet, handphone, dan lain sebagainya.  Perkembangan teknologi komputer dan telepon nirkabel yang begitu pesat, membuat harga perangkat untuk mengakses internet menjadi semakin murah.  Orang-orang pun saat ini dapat dengan mudah mengakses internet lewat handphonenya secara langsung dengan kualitas tampilan yang tidak kalah dengan internet yang diakses melalui komputer biasa.

Namun sayangnya akses internet yang ada di Indonesia saat ini masih tertinggal jauh dengan internet yang ada di negara-negara maju.  Di Indonesia internet masih menjadi barang mahal, sehingga jika ingin mendapatkan akses internet yang cepat harus melakukan suatu pengorbanan terlebih dahulu.  Namun internet yang lambat belum tentu disebabkan oleh kecepatan internet dari penyedia layanan internet, karena bisa saja dari faktor-faktor lainnya.

Beberapa Cara Meningkatkan Kecepatan Internet di Indonesia yang Lelet / Lambat :

1. Upgrade Paket Internet

Cara yang satu ini memang cara yang paling mudah dalam membuat internet menjadi kencang wus wus.  Anda cukup melakukan upgrade paket internet ke paket yang lebih tinggi dari paket internet yang sekarang ini anda gunakan.  Hubungi operator atau costumer service (layanan pelanggan) dari akses internet yang anda gunakan untuk mengupgrade paket internet anda ke paket yang internetnya lebih cepat.  Tentu saja hal ini akan membuat anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk berlangganan internet, karena harga atau tarif paket yang lebih tinggi biasanya lebih mahal dari paket yang saat ini anda pakai.

2. Mengeliminasi Hambatan Sinyal Internet

Keberadaan tembok, furniture, perabot, dan benda-benda lainnya yang menghalangi sinyal komunikasi antara perangkat dan alat pemancar nirkabel bisa saja membuat akses internet anda menjadi lambat.  Cobalah anda ubah posisi anda agar gangguan sinyal dapat diminimalkan seminimal mungkin.

3. Bermain Settingan / Konfigurasi Internet

Cobalah anda lihat settingan yang ada saat ini.  Siapa tahu masih bisa diutak-atik agar bisa lebih kencang internetnya.  Cari informasi atau petunjuk cara melakukannya di mesin pencari internet karena siapa tahu sudah ada banyak orang yang berhasil melakukannya, lalu menyebarkannya lewat media internet.

4. Ganti Perangkat / Jaringan

Teknologi internet yang selalu berkembang dari waktu ke waktu menyebabkan pelanggan internet yang ingin mempercepat sambungan internetnya harus mengganti alat yang digunakannya.  Misalnya handphone dengan kemampuan mengakses jaringan internet generasi kedua (2G atau 2,5G) harus mengganti perangkatnya dengan perangkat generasi ketiga (3G atau 3,5G) jika ingin meningkatkan kecepatan akses internetnya pada ponsel smartphone, tablet maupun komputer pc yang digunakannya.  Atau bisa juga anda harus mengubah jaringan internet yang digunakan jika terdapat beberapa pilihan yang bisa dipilih.  Jika tidak memungkinkan maka yang perlu anda lakukan mungkin mengganti operator penyedia sambungan internet yang mampu menyediakan internet yang lebih cepat.

5. Menggunakan Piranti Lunak Lain

Cobalah memasang program web browser lain selain dari yang anda sedang gunakan saat ini.  Beberapa piranti lunak untuk browsing situs web di internet mampu mereduksi besarnya data yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web secara otomatis seperti opera mini sehingga dapat membuat kecepatan browsing internet menjadi lebih cepat.

6. Memasang Program Tambahan

Bukan sesuatu yang tidak mungkin jika anda memasang suatu program atau software yang dapat mempercepat akses internet anda bisa mendapatkan internet yang lebih cepat daripada sebelumnya.  Silahkan anda cari informasi mengenai software yang dapat meningkatkan kecepatan internet sesuai dengan perangkat yang anda gunakan untuk berinternet ria.  Anti virus pun yang bagus pun juga turut berpengaruh dalam membersihkan program-program jahat yang ikut menikmatik akses internet yang ada gunakan sehingga menyebabkan kecepatan internet menjadi berkurang drastis.

7. Pindah Lokasi

Internet yang lelet bisa jadi disebabkan karena belum adanya akses internet cepat di wilayah anda.  Jika ini yang terjadi maka mau tidak mau anda harus hijrah pindah ke lokasi lainnya di mana akses internet kecepatan tinggi telah tersedia.  Namun terkadang yang perlu anda lakukan adalah hanya pindah tempat untuk mencari sinyal internet yang lebih baik.

Semoga tips cara membuat internet menjadi cepat ini bisa membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua.  Hindarilah segala bentuk hal-hal yang buruk yang ada di internet demi kebaikan anda sendiri dan juga orang-orang yang anda sayangi di lingkungan sekitar anda.  Mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada kekurangan maupun kesalahan.  Terima kasih atas perhatian anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mempercepat Kecepatan Internet Membuat Ngenet Lebih Cepat"

Poskan Komentar