Terbaru :
Home » , , , , , » Cara Menciptakan/Membuat Suasana Kegiatan Belajar Malam Menyenangkan di Rumah

Cara Menciptakan/Membuat Suasana Kegiatan Belajar Malam Menyenangkan di Rumah

Oleh godam64 pada 27 Oktober 2011 | 00:36

Belajar merupakan suatu kewajiban seorang pelajar atau mahasiswa. Dengan belajar maka pelajaran yang harus kita kuasai jadi masuk sebagian ke otak kita. Untuk mendapatkan nilai ujian yang baik kita harus bisa mengingat hasil belajar tersebut pada saat ujian. Salah satu waktu belajar favorit pelajar dan mahasiswa adalah malam hari. Bagaimana cara membuat aktivitas belajar di malam hari jadi nyaman dan menyenangkan?

1. Siapkan Materi Sebelum Malam Tiba

Jika sempat, saat di sekolah atau di kampus kita sudah siap dengan materi hasil belajar di kelas yang ingin kita review lagi di rumah. Semakin banyak diulas kembali maka semakin bagus. Tinggal bagaimana kita bisa menempatkan waktunya. Siapkan materi-materi yang menarik perhatian kita untuk dipelajari di awal pembelajaran dan yang kurang menarik di akhir. Selain materi belajar, siapkan juga persiapan sekolah atau kuliah esok hari agar saat bangun tidur tinggal ibadah, mandi, sarapan dan berangkat.

2. Hilangkan Keinginan Untuk Hobi dan Main

Kita harus puas-puasi berbagai kegiatan senang-senang kita di siang dan sore hari seperti misalnya main game, main internet, main handphone, main sama teman, pacaran, jalan-jalan, dan lain sebagainya. Dengan begitu di malam hari waktunya bisa full untuk belajar dan bercengkrama dengan keluarga kita tercinta.

3. Umumkan Kegiatan Belajar Kita

Beritahu kepada keluarga bahwa kita sedang belajar, sehingga tidak akan banyak mendapat gangguan saat sedang belajar serius. Orangtua pun juga akan senang mendengar pemberitahuan dari kita yang mau belajar sungguh-sungguh. Jangan berbohong dengan tidak belajar dan melakukan aktivitas lain, karena nanti kita bisa tidak dipercaya lagi karena suka bohong.

4. Tentukan Waktu Mulai dan Selesai

Biasakan terjadwal dengan rapi agar kita bisa mengira-ngira seberapa banyak materi yang bisa kita pelajari. Jangan biasakan bergadang hingga larut malam karena bisa mempengaruhi daya konsentrasi belajar kita esok hari di sekolah atau di kampus. Usahakan mematuhi jadwal yang ada agar hasilnya bisa maksimal.

5. Siapkan Break/Waktu Istirahat Yang Menyenangkan

Jangan belajar terus-menerus tanpa istirahat, karena bisa membuat kita sakit mata, pegal-pegal, mudah mengantuk, dan lain sebagainya. Setiap 30 menit sekali usahakan untuk bisa meluangkan waktu sekitar 10 menit untuk rehat sebentar untuk memecahkan ketegangan kita. Bisa diisi dengan ngobrol dengan keluarga, jalan-jalan di sekitar rumah, makan makanan ringan, minum air, dan lain sebagainya. Hindari melihat tv, membaca majalah, koran, dan lain sebagainya karena bisa membuat kita terpaku dan akhirnya kebablasan kehilangan banyak waktu.

6. Kerjakan Tugas PR (Pekerjaan Rumah) Sebelum Belajar

Jangan lupa untuk membuat PR agar tidak ketiduran sebelum membuat PR. Guru atau dosen kita bisa marah besar jika tugas yang diberikan tidak bisa kita selesaikan dengan baik. Percuma belajar sungguh-sungguh jika nilai harian pendukung nilai akhir kita jelek karena kekurangdisiplinan kita.
Rekomendasikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Link Singkat Organisasi.Org | Bacaan Singkat Sarat Ilmu | Forum Komunitas yang Baik
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger