Cara Mendapatkan Banyak Untung Berdagang/Berjualan

Salah satu hal yang penting dari kegiatan perdagangan adalah keuntungan yang diperoleh.  Usaha dagang bisa maju jika keuntungan yang didapat bisa digunakan untuk melakukan ekstensifikasi maupun intensifikasi.  Namun untuk meningkatkan keuntungan bukanlah hal yang mudah karena banyaknya faktor yang mempengaruhi yang terkadang ada di luar perkiraan.  Terutama jika ada banyak pesaing pada usaha serupa yang memiliki daya tarik yang lebih baik di mata konsumen.

Tips Cara Meningkatkan Keuntungan Dalam Dagang / Jualan Barang Maupun Jasa :

1. Menambah Jumlah Cabang

Salah satu trik untuk menambah keuntungan dagang adalah dengan cara menambah jumlah toko, warung, kios, gerai, cabang dan sebangsanya.  Tentu saja hal ini bisa dilakukan jika pemilik usaha memiliki dana berlebih yang cukup besar.  Jika cabang baru yang dibuka tidak kunjung memberikan hasil yang sesuai harapan maka hendaknya cabang yang baru tersebut ditutup atau pindah ke lokasi baru yang lebih potensial.  Jika saat ini hanya membuka toko fisik / konvensional saja, maka bukalah toko online di internet.  Apabila saat ini hanya online saja maka bukalah toko offline fisiknya.

2. Meningkatkan Iklan Promosi Murah Meriah

Ada banyak media periklanan dan promosi gratis di internet.  Anda cukup memperlajarinya sendiri dan mempraktekannya di internet sesuai dengan ilmu dan kreatifitas yang dimiliki.  Jika anda saat ini punya blog atau situs web maka anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan produk yang anda jual.  Jika saat ini tidak punya blog maupun website maka anda bisa membelinya dari para webmaster atau blogger.

3. Mencari Suplier yang Lebih Murah

Jika anda bisa mendapatkan pemasok barang yang lebih murah daripada yang saat ini maka anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari selisih harga beli barang dagangan dan harga jual barang dagangan kepada konsumen.  Cobalah melakukan penelusuran ulang terhadap suplayer yang ada siapa tahu ada yang terlewat yang ternyata bisa memberikan penawaran harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya.

4. Memperluas Pangsa Pasar

Jika yang terjadi saat ini anda hanya membidik konsumen yang itu-itu saja maka anda harus mencoba menambah pelanggan baru dari yang tadinya biasa-biasa saja.  Dari segi lokasi pun juga perlu diperluas jangkauannya jika memang memungkinkan.  Dengan begitu maka jumlah konsumen akan semakin banyak yang turut mendongkrak keuntungan yang diperoleh.

5. Intensifikasi Kegiatan Perdagangan / Jual Beli

Dari konsumen yang sudah ada pun bisa ditingkatkan penjualannya dengan melakukan berbagai upaya, seperti melakukan penghematan biaya operasional, memperbaiki sikap dan perilaku penjaga toko / petugas toko, pembinaan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, memberikan layanan lebih pada pelanggan, memodernisasikan fisik toko agar terlihat lebih segar dan baru, penggunaan teknologi tepat guna, mengubah strategi pemasaran, memperbaiki citra di mata masyarakat, dan lain sebagainya.

----

Itulah beberapa trik yang bisa anda coba lakukan untuk meningkatkan angka penjualan anda sekaligus memperbanyak keuntungan yang bisa diraih. Namun jangan sampai melupakan kesejahteraan dari pegawai / karyawan serta kepuasan pelanggan / konsumen.  Jika usaha maju maka jangan sampai lupa dengan para pekerja yang selama ini membantu, sehingga mereka pun juga berhak turut maju kualitas hidupnya.  Mudah-mudahan tulisan kewirausahaan / bisnis yang singkat ini dapat membawa kebaikan untuk kita semua, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mendapatkan Banyak Untung Berdagang/Berjualan"

Poskan Komentar