Cara Menolak Permintaan / Perintah Orang Lain Mudah dan Cepat

Hubungan sosial diri kita dengan orang lain yang ada di sekitar kita memberikan suatu konsekuensi dalam berbagai hal.  Salah satunya adalah permohonan bantuan atau perintah dari orang lain kepada diri kita.  Dalam menyikapi suatu perintah atau permintaan tolong dari orang lain kita memiliki dua pilihan atau opsi, yaitu menyanggupinya atau menolaknya.  Jika menyanggupinya maka itu adalah hal yang baik, namun jika menolaknya maka kita harus melakukannya dengan cara yang baik agar hubungan baik yang telah terjalin selama ini dengan orang tersebut tidak luntur atau berkurang sama sekali.

Beberapa Poin Penting Dalam Menolak Perintah atau Permintaan Orang Lain Secara Baik-Baik :

1. Minta Maaf

Kata-kata pembuka untuk menandakan bahwa diri kita adalah pribadi yang rendah hati, tidak sombong, sopan, santun, ramah, bersahabat, baik, supel, dan lain sebagainya.

2. Sedang Sibuk

Jika pada saat yang bersamaan dengan datangnya suatu permintaan atau perintah diri kita sedang ada halangan maka ungkapkanlah.  Jadilah orang yang jujur dengan tidak berbohong walau sedikit pun.

3. Sedang Ada Suatu Urusan

Apabila memang sedang senggang maka ungkapkanlah suatu alasan lain yang kita buat-buat namun tidak ada unsur kedustaannya, seperti sedang ada perlu atau ada urusan yang tidak bisa kita sebutkan, karena memang kita selalu punya urusan dan keperluan baik di rumah, di kantor, di sekolah maupun di tempat lainnya.

4. Membantu di Lain Kesempatan

Tawarkanlah bantuan atau pertolongan di lain kesempatan untuk menghibur orang yang kita tolak permohonan atau permintaan bantuannya.

5. Minta Maaf Lagi

Ucapkanlah permohonan maaf yang sebesar-besarnya sekali lagi agar orang yang memberikan permintaan atau perintah tidak kecewa kepada diri kita apalagi hingga sakit hati atau dendam kesumat.

Beberapa Contoh Bentuk Penolakan Halus Atas Perintah atau Permintaan Orang Lain :

1. "Maaf pak, kebetulan saya sedang disuruh orangtua saya untuk membeli sesuatu, mungkin kapan-kapan saja pak, maaf pak ya."

2. "Aduh bu, maaf nih bu, kebetulan saya sedang ada urusan, mungkin lain kali saja, maaf banget nih bu."

3. "Wah bro, sori banget bro ane lagi mau balik dulu nih lagi ada sesuatu, ntar kapan-kapan aja ya, sori bro ya."

Dalam menolak suatu permintaan orang lain haruslah dengan cara yang baik, sopan, tersenyum, rendah hati, dengan kata-kata yang tegas, padat, lugas, tepat sasaran dan konsekuen.  Mudah-mudahan cara ini berhasil membuat anda terhindar dari permohonan orang lain di saat yang kurang tepat tanpa melakukan suatu kebohongan.  Walau demikian jika permohonan bantuan atau perintah yang diberikan tidak memberatkan dan mudah dilakukan maka tidak ada salahnya untuk menerima permintaan orang tersebut demi menjaga hubungan baik dan juga untuk menambah pahala karena telah menolong orang lain yang membutuhkan.  Semoga sukses selalu, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menolak Permintaan / Perintah Orang Lain Mudah dan Cepat"

Poskan Komentar