Cara Mengajari/Mendidik Anak Hidup Mandiri dan Tidak Manja

Anak yang mandiri dan dapat berusaha sendiri tanpa bantuan orang tua memang menjadi salah satu tujuan mendidik anak yang baik dan benar. Banyak sekali hal yang bisa anda lakukan untuk mendidik anak anda agar mandiri dan tidak manja.  Dengan memiliki sifat mandiri maka selaku orangtua anda bisa merasa tenang apabila pada suatu ketika sang anak dituntut hidup mandiri tanpa ada keluarga di dekatnya. Hal tersebut bisa mulai dari hal yang terkecil hingga ada beberapa tips lain agar bisa mendidik anak anda mandiri dan tak manja tanpa menekan anak tersebut.

Tips Cara Mendidik Anak Agar Bisa Mandiri dan Tidak Manja :

1. Batasi Keinginan Anak yang Berlebihan

Jangan mudah menuruti semua kemauan anak anda yang minta ini itu. Jika anda menuruti semua keinginan anak anda, maka akan dapat berdampak yang tidak baik bagi anak anda, terutama anak anda akan menjadi anak yang manja. Tips mendidik anak agar tidak manja kali ini dengan membatasi keinginannya yang berlebihan misalnya anda bisa memberikan pilihan pada mainan yang akan dia beli tanpa harus membeli semua.  Selain itu penting juga melakukan penundaan terhadap apa yang dimau anak agar anak agar anak tahu bahwa mencari uang itu tidak mudah walaupun saat itu anda bisa membelinya.  Selain itu untuk melihat konsistensi anak pada sesuatu yang diinginkannya.

Keinginan anak anda bersifat sementara dan bisa berubah secara cepat. Jika anak anda meminta secara berlebihan, anda bisa berbicara dengan pelan dan tunjukkan keuntungan kerugian jika mengambil keputusan tersebut. Anak akan mudah tertarik dengan benda yang ada di sekitarnya dan kadang bisa iri dengan barang milik temannya. Anda bisa menunjukkan jalan yang terbaik dan bisa mengalihkan rasa keinginan tersebut dengan hal lain.

2. Tidak Terlalu Banyak Melarang


Jika anda terus terusan dan bahkan selalu melarang ini itu maka anak anda akan memiliki sifat pembangkang dan pemarah. Anak anda akan terkena pada zona di mana ia akan tertekan dan mulai menjadi pemarah. Sebaiknya lakukan komunikasi secara intensif dengan tatap muka dan ajak anak anda untuk membuat peraturan secara bersama. Ini akan menambah kedekatan anda dengan anak anda.

Selain itu jika anda terlalu banyak melarang, anda akan diacuhkan anak anda dan lebih berbahayanya lagi anak anda malah akan berbalik terhadap larangan tersebut. Beritahu anak anda dengan kata-kata yang bisa dilogika untuknya sehingga ia tahu dampak apa yang akan terjadi jika ia melakukan hal tersebut.  Ceritakan berbagai pengalaman hidup anda yang berkaitan dengan hal-hal yang anda tidak perbolehkan ke anak anda agar ia bisa mengambil hikmah dari cerita kisah hidup orang lain.

3. Mengenalkan Dunia Usaha Sejak Kecil

Agar anak mengerti mengenai cara mencari uang dengan cara yang baik, orangtua harus mengenalkan anak dengan dunia usaha.  Minimal anak diberikan pengetahuan mengenai cara berdagang yang baik dan benar.  Bila perlu ajak anak untuk terjun langsung praktek membuat toko, baik secara toko fisik maupun toko virtual (toko online).  Dengan begitu anak akan memiliki pengalaman cara mencari uang sendiri dari jual beli.  Syukur-syukur anak bisa mengembangkan wirausaha yang digelutinya sehingga bisa berkembang menjadi besar.

4. Menyekolahkan Anak Jauh dari Orangtua

Dengan hidup berjauhan dengan orangtua, anak akan merasa terpaksa untuk belajar hidup mandiri agar bisa bertahan hidup.  Tentunya hal ini harus atas kesepakatan anak dengan orangtua atau wali.  Biarkan anak memiliki mau sekolah apa di tempat yang jauh.  Mau sekolah pesantren silahkan, mau sekolah lain juga silahkan asalkan anak bertanggung jawab atas pilihannya serta berjanji tidak meninggalkan ibadahnya.

---

Jika anak sudah dibiasakan untuk hidup mandiri sejak kecil, maka anak tidak akan bersikap manja lagi.  Apalagi jika sudah paham tentang cara mencari uang sendiri dengan cara-cara yang baik dan benar.  Tentu anak akan menjadi lebih matang, berwibawa, jaga image (jaim), dan gengsi di depan orang lain.  Namun jangan lupa menanamkan nilai-nilai agama dan budaya yang baik kepada anak.  Ditambah lagi dengan mengajarkan anak dari pengalaman hidup orangtua maupun orang lain dapat membuat anak menjadi lebih waspada terhadap berbagai macam ancaman yang siap menghadang.  Semoga anak anda bisa menjadi anak yang mampu hidup mandiri dan tidak bemanja-manja lagi.  Terima kasih.

+baiiput

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengajari/Mendidik Anak Hidup Mandiri dan Tidak Manja"

Poskan Komentar