Cara Mengajarkan Anak Membaca Sambil Bermain Menyenangkan

Membaca merupakan salah satu sarana edukasi anak di usia dini.  Kemampuan membaca akan mengajarkan anak tentang banyak hal yang nantinya bisa mereka gunakan untuk pendidikan pada tahap selanjutnya. Cara mengajari anak membaca ini dengan beberapa metode yang bisa anda coba di rumah dan tentunya akan menarik dan disukai anak anda. Anda bisa mulai menerapkan belajar anda ini bisa anda ajarkan sebelum anak memasuki dunia sekolah.

Aktivitas edukatif mengajari anak membaca memang memerlukan metode khusus agar anak tetap merasa senang dan membuat rasa ingin tahunya akan semakin besar. Cara mengajari anak membaca di sini ada beberapa metode seperti membaca menggunakan media yang menarik dan karpet huruf. Cara tersebut cukup ampuh untuk mengajarkan anak membaca tanpa harus membuat anak merasa tertekan maupun terpaksa.

Beberapa Tips Cara Mengajarkan Anak Membaca Tulisan di Usia Dini :

1. Menggunakan Multi Media yang Menarik

Sekarang memang jamannya untuk kemudahan dalam teknologi. Cara mengajari anak membaca selanjutnya adalah dengan menggunakan media yang menarik seperti smartphone. Pada beberapa pengembang smartphone banyak sekali yang telah membuat program aplikasi dengan grafis yang menarik. Cara mengajari anak membaca dengan menggunakan aplikasi yang menarik tersebut. Anda bisa mengunduhnya pada penyedia layanan smartphone anda. Dalam program aplikasi tersebut dilengkapi dengan desain dan animasi yang menarik membuat anak anda menjadi betah dan ingin tahu lebih banyak.

2. Memakai Karpet Huruf dan Angka


Ada satu lagi metode cara mengajari anak membaca dengan karpet huruf. Biasanya karpet huruf dibuat dengan warna dan desain yang menarik. Anda bisa mengajarkan anak anda dengan melompat sambil membaca huruf tersebut. Cara ini yang paling efektif dan membuat anak anda menjadi lebih aktif untuk terus belajar membaca. Harga yang ditawarkan dari karpet huruf biasanya sangat beragam mulai dari yang murah sampai karpet yang mahal dengan desainnnya yang bagus.

3. Memanfaatkan Mainan Milik Anak

Pada mainan anak anda yang tercetak huruf dan angka hendaknya diperlihatkan kepada anak sambil diperkenalkan huruf atau angka apa yang ada di mainan tersebut.  Upayakan diperkenalkan tulisan mainan yang sederhana terlebih dahulu.  Jangan perkenalkan hurup dan angka yang kecil-kecil dan banyak sehingga anak anda yang masih kecil jadi bingung dan malas memikirkannya.  Buat permainan kecil dengan anak untuk menemukan dan mengambil mainan dengan tulisan huruf atau angka tertentu.

4. Mengarang Cerita Tentang Huruf dan Angka

Bagi anak yang suka dengan cerita-cerita dongeng, maka ada baiknya kita mengubah karakter tokoh utama pada suatu cerita dongeng dengan huruf dan angka.  Kemudian gambarkan huruf dan angka yang dimaksud kepada sang buah hati.  Jika ceritanya menarik mungkin anak akan dapat mengingat huruf dan angka sedikit demi sedikit.

5. Memainkan Permainan Huruf dan Angka

Cobalah lakukan berbagai permainan dengan anak anda dengan permainan yang berhubungan dengan huruf dan angka.  Misalnya bermain tebak huruf dan angka sebelum memberikan sesuatu yang enak-enak atau menyenangkan bagi anak.  Jika anak mampu memberikan jawaban yang benar maka anak diberikan hadiah yang enak-enak tersebut.  Namun jika tidak dapat memberikan jawaban yang memuaskan maka hendaknya ditahan dulu sampai anak bisa menjawab dengan benar atau sampai anak jenuh dengan permainan yang dimainkannya.

---

Apabila masih ada teknik atau metode belajar membaca bagi anak-anak usia dini lainnya maka jangan sungkan-sungkan untuk menambahkannya melalui kolom komentar di bawah ini.  Dengan belajar membaca secara intensif dengan suasana yang menyenangkan diharapkan anak kita bisa merasa senang penuh semangat dalam belajar membaca maupun menulis.  Jika menemukan kegagalan maka jangan segera menyerah.  Cari cara lain yang bisa membuat anak bersemangat untuk mengenal huruf angka, membaca tulisan dan menulis.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengajarkan Anak Membaca Sambil Bermain Menyenangkan"

Poskan Komentar