Cara Mengajarkan / Menyebarkan Ilmu Tanpa Menjadi Guru Pengajar Sekolah

Sebagai orang yang biasa-biasa saja sebenarnya kita bisa bertindak seperti halnya seorang guru yang bisa menebar ilmu ke banyak orang.  Cukup dengan menuliskan sesuatu yang bisa menambah wawasan atau mengingatkan sesuatu hal yang bermanfaat ke orang lain maka kita bisa menebarkan ilmu ke orang lain.  Tanpa harus memiliki murid dan berhubungan dengan sekolah kita pun tetap bisa melakukannya.

Cara Menyebarkan Ilmu / Menyebarkan Ilmu Tanpa Mengajar di Sekolah Menjadi Guru :

1. Membuat Buku

Jika punya banyak wawasan dan waktu luang maka kita bisa membuat buku.  Bisa buku yang fiksi maupun yang non fiksi.  Namun kedua jenis buku tersebut tetap dibuat untuk menyampaikan hal-hal bermanfaat kepada orang lain.  Namun jika tidak mau berurusan dengan buku fisik yang merepotkan pengurusannya maka kita bisa mencoba membuat buku elektronik alias e-book.  Setelah ebook dibuat maka kita bisa sebarkan melalui internet agar semakin banyak orang yang bisa mengakses buku tersebut secara gratis.

2. Menulis Artikel

Jika tidak memiliki wawasan yang luas dan tidak banyak waktu luang maka kita bisa membuat tulisan yang pendek-pendek.  Setelah tulisan dibuat maka kita bisa menerbitkannya di media massa atau di internet.  Jika tidak mau ambil pusing maka buat saja sebuah blog di internet yang gratisan untuk memuat tulisan-tulisan yang telah kita buat.  Semakin rutin dan bermanfaat artikel yang kita buat, maka akan semakin banyak orang yang bisa mengunjungi blog kita di dunia maya.

3. Mempublikasikan Ulang Sesuatu yang Bermanfaat

Jika kita tidak bisa membuat suatu tulisan yang bagus, maka kita bisa mempublikasikan ulang karya orang lain yang menurut kita bisa memberikan manfaat yang besar pada orang lain yang membacanya.  Tentu saja ada baiknya kita meminta izin dahulu kepada pembuat tulisan.  Paling tidak kita menuliskan identitas penulis artikel di bagian bawah tulisan sebagai tanpa penghormatan kepada penulis artikel sebelum kita publikasikan di mading (majalah dinding), bulletin, media sosial, situs jejaring sosial, messenger, email, mailing list (milis), dan lain sebagainya.  Mempublikasikan ulang karya orang lain di blog dan media internet lain hendaknya cukup meletakkan link menuju halaman web yang ada tulisan aslinya, karena copy paste bisa berdampak buruk bagi blog atau situs web yang memuat artikel dari penulis aslinya.

---

Itulah beberapa cara yang bisa kita coba lakukan untuk berbagi ilmu dengan orang lain tanpa harus menjadi seorang guru yang mengajar di sekolah, tempat kursus, bimbingan belajar, dan lain sebagainya.  Tentu saja masih ada banyak cara lainnya yang bisa kita praktekan agar ilmu yang kita miliki bisa bermanfaat untuk sesama manusia.  Atas segala kekurangan dan kelebihannya mohon maaf lahir dan batin.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengajarkan / Menyebarkan Ilmu Tanpa Menjadi Guru Pengajar Sekolah"

Posting Komentar