Cara Mengalahkan Hawa Nafsu Diri Kita Sendiri

Hawa nafsu adalah pengaruh buruk yang mengajak kita untuk melakukan sesuatu hal yang tidak baik yang bisa berujung pada dosa.  Hawa nafsu adalah musuh terbesar yang dimiliki oleh setiap manusia.  Jika seseorang mampu menguasai hawa nafsunya sendiri dengan ketakwaan yang tinggi, maka hidup seseorang bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.  Namun jika seseorang gagal menguasai hawa nafsunya sendiri, dan malah justru hawa nafsu yang menguasai dirinya, maka hidup seseorang bisa hancur berantakan, baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

Beberapa Tips Cara Mengalahkan Hawa Nafsu Diri Kita Sendiri :

1. Memohon Pertolongan Dari Allah SWT

Kita sebagai manusia tidaklah memiliki kemampuan apa-apa tanpa seizin Allah SWT.  Oleh sebab itu sangat pantaslah apabila kita memohon kepadaNya untuk diberikan kemampuan untuk melawan hawa nafsu yang terdapat di dalam diri kita sendiri.  Hawa nafsu manusia pada umumnya selalu dipengaruhi oleh setan jin yang ada di dalam diri kita yang selelu membisiki hal-hal yang tidak baik dan setan manusia yang mempengaruhi kita secara langsung lewat panca indera kita.

2. Selalu Mengingat Surga dan Neraka

Jika kita selalu membayangkan surga ketika kita berusaha melawan hawa nafsu dan membayangkan neraka ketika kita mengikuti hawa nafsu maka diri kita akan lebih mudah menghindari berbagai hal-hal buruk yang berasal dari bisikan hawa nafsu di kalbu kita.  Dengan bersabar dan menyerahkan segala-galanya kepada Tuhan Semesta Alam maka mudah-mudahan Allah SWT ganti dengan yang lebih baik di akhirat kelak.

3. Mengalihkan Perhatian Kita Pada Hal Lain

Jika hawa nafsu untuk melakukan hal-hal yang tidak baik muncul, maka upayakan untuk mengalihkan perhatian kita pada hal-hal lain yang bisa menetralisir hawa nafsu kita.  Lakukan saja hal-hal yang menyenangkan seperti sholat, puasa, zikir, main games, jalan-jalan dengan anak, melihat barang-barang menarik di pasar, mengobrol dengan teman baik, dan lain sebagainya.  Intinya jangan sampai kita terlarut dalam pengaruh hawa nafsu kita sendiri.

4. Puasa

Dengan berpuasa seseorang akan lebih tahan banting dalam menghadapi berbagai godaan yang datang, baik dari dalam diri sendiri maupun dari luar.  Seseorang yang sedang puasa biasanya akan menghindari perbuatan-perbuatan yang tidak baik dan yang menghasilkan dosa.  Namun setelah berbuka puasa maka perang terhadap hawa nafsu akan menjadi lebih berat.

5. Belajar dari Pengalaman Hidup Orang Lain

Di sekitar kita tentu telah banyak contoh orang-orang yang gagal mengatasi hawa nafsunya sendiri dan orang-orang yang berhasil menguasai hawa nafsunya.  Dengan mengetahui, mempelajari dan mempraktekaan pengalaman baik dan pengalaman buruk milik orang lain, tentu akan meningkatkan benteng kita terhadap serangan hawa nafsu yang bertubi-tubi.  Kita jadi tahu bagaimana trik-trik cara mengatasi hawa nafsu sehingga hawa nafsu tersebut bisa kita ubah menjadi kekuatan kita dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita terhadap Allah SWT.

---

Itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan tentang bagaimana cara mengalahkan hawa nafsu yang ada pada diri kita sendiri.  Mudah-mudahan kita semua selalu diberikan perlindungan maksimal dari berbagai bentuk godaan syetan yang terkutuk, baik setan jin maupun setan manusia.  Ingat, hawa nafsu adalah musuh kita yang paling besar atau paling kuat, sehingga kita harus selalu waspada dan siap berperang terhadap hawa nafsu yang mengajak kita kepada hal-hal yang tidak baik.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengalahkan Hawa Nafsu Diri Kita Sendiri"

Poskan Komentar