Cara Mengatasi Masalah Sampah di DKI Jakarta dan Kota Besar di Indonesia Lainnya

Sampah selalu menjadi di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia.  Tidak hanya di Indonesia saja, namun mungkin juga di Amerika Serikat, Rusia, Madagaskar, Mali, Lesotho, Gabon, Malawi, Senegal, Suriah, Pakistan, Tajikistan, Tiongkok alias Cina, Jepang, Korea Utara, Myanmar, Laos, Timor Leste, Papua Nugini, dan kawan-kawan.  Sebagian besar negara di dunia ini punya masalah dengan sampah.  Biarpun negara tersebut aman dari sampah, namun sampah bisa datang dari laut dan sungai tanpa diundang.  Jadi tidak kita saja yang sering dipusingkan dengan masalah pengelolaan sampah, namun juga banyak negara di dunia ini.

Sampah di Kota DKI Jakarta memang jumlahnya sangat banyak setiap harinya.  Sampah terus diproduksi oleh masyarakat tanpa mengenal lelah untuk kemudian dibuang di suatu tempat dan kemudian dibawa ke daerah lain di luar Provinsi DKI Jakarta.  Cara seperti ini memang terlihat kurang profesional karena hanya tinggal main lempar ke daerah lain.  Kemudian daerah lainlah yang pusing tujuh keliling memikirkan sampah yang menggunung mau diapakan.

Sebenarnya jika pemerintah mau bisa membuat tempat pembuangan sampah akhir yang berteknologi canggih di tengah-tengah masyarakat.  Jadi masyarakat sekitarlah yang mengelola sampah dari lingkungan sekitarnya sendiri dengan dipandu oleh pemerintah daerah.  Di tiap beberapa RW atau kelurahan dibuat satu tempat pengolahan sampah modern yang luas, bertingkat-tingkat dan berteknologi mutakhir.  Sampah yang masuk akan diproses menjadi pupuk kompos, energi listrik, bahan daur ulang, bahan bakar briket, kerajinan tangan, barang bekas refurbish layak pakai, dan lain sebagainya.

Apabila proyek pengelolaan sampah modern itu bisa terwujud dan berjalan dengan baik, maka tidak akan ada lagi masalah sampah di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.  Hanya tinggal masalah sampah di laut, sungai, hutan dan di desa-desa saja yang perlu dipikirkan lebih lanjut.  Penduduk sekitar pun akan ikut menjadi sejahtera karena mendapatkan pekerjaan dan penghasilan dari pengelolaan sampah di lingkungannya sendiri.  Sampah-sampah yang tidak bisa diolah dikirim ke tempat khusus untuk diolah secara intensif dengan perlakuan khusus.  Dengan demikian, sampah tidak lagi menjadi masalah dan rakyat pun senang.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengatasi Masalah Sampah di DKI Jakarta dan Kota Besar di Indonesia Lainnya"

Poskan Komentar