Cara Mengatasi/Menghilangkan Rasa Malu Pada Diri Sendiri

Rasa malu bisa muncul pada diri seorang manusia ketika dihadapkan pada situasi yang memalukan, aibnya diketahui orang lain, merasa minder, atau berbagai hal penyebab lainnya.  Bagi orang yang memiliki mental yang kuat, rasa malu biasanya hanya akan terjadi tidak lama dan kemudian akan kembali normal seperti sebelumnya.  Namun pada sebagian orang, rasa malu adalah sesuatu hal yang sangat serius yang bisa menyebabkan stress dan gangguan pada aktivitas kehidupan sehari-hari.

Sebaiknya rasa malu hendaknya tidak dianggap sebagai sesuatu hal yang menakutkan.  Rasa malu biasanya akan selalu terjadi dalam kehidupan manusia.  Malu adalah suatu perasaan yang normal terjadi pada diri seorang manusia.  Yang perlu diperbaiki adalah kemampuan seseorang dalam memanajemen rasa malu yang muncul agar tidak mengganggu ketenangan lahir dan batin.  Jangan sampai rasa malu menjadi beban pikiran yang menyebabkan gangguan kesehatan apalagi hingga membuat kerusakan.

Cara Mengatasi Rasa Malu / Menghilangkan Rasa Malu Pada Diri Seseorang (Manusia) :

1. Cuek / Tidak Mengambil Pusing

Ketika mengalami suatu kejadian yang memalukan atau pada saat muncul rasa malu pada diri kita, hendaknya jangan langsung merasa minder atau down.  Tenangkan diri dan alihkan konsentrasi kita pada hal-hal yang lebih penting.  Jika perlu praktekkan reaksi yang lugu / polos (berlagak bodoh) sehingga orang lain pun tidak terlalu menaruh perhatian atas rasa malu yang terjadi pada diri kita.  Segera lupakan kejadian tersebut secepat mungkin dengan menyibukkan pikiran kita dengan berbagai hal positif.

2. Mempersiapkan Diri Sejak Dini

Banyak orang yang tidak siap mendapatkan rasa malu, baik rasa malu yang muncul dengan sendirinya maupun rasa malu yang disebabkan akibat dipermalukan orang lain.  Lakukanlah berbagai latihan dan simulasi pada diri sendiri terhadap berbagai suatuasi dan kondisi rasa malu, sehingga tahu apa yang harus diperbuat nantinya ketika rasa malu datang melanda di saat-saat yang tidak tepat.

3. Mengalihkan Perhatian

Jika muncul perasaan-perasaan yang negatif pasca terjadinya hal yang membuat malu, maka sibukkanlah diri kita dengan berbagai aktivitas maupun pikiran-pikiran yang bersifat positif.  Buang jauh-jauh ingatan tentang hal yang memalukan tersebut.  Dengan begitu maka diri kita secara perlahan-lahan akan lupa dengan kejadian memalukan tersebut seiring berjalannya waktu.

4. Mengambil Hikmah dan Pelajaran dari Rasa Malu

Pengalaman adalah guru yang paling berharga.  Dari pengalaman pribadi kita bisa melakukan instrospesi diri dengan memadukan pengalaman dan wawasan ilmu pengetahuan kita untuk mendapatkan jalan keluar / solusi yang paling baik.  Tentu saja introspeksi yang dilakukan terutama dalam hal mengatasi perasaan malu pada diri kita sendiri.  Syukur-syukur bisa berkembang kepada masalah-masalah pribadi internal lainnya.

5. Berserah Diri Kepada Tuhan

Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan maka hal yang harus kita lakukan adalah menyerahkan segala-galanya kepada Allah SWT.  Yang bisa kita lakukan adalah berdo'a memohon yang terbaik kepadaNya.  Jika memang yang datang adalah hal yang buruk, maka itu berarti ujian yang datangnya dari Allah SWT untuk menjadikan diri kita lebih baik lagi.  Bukan malah membuat kita tenggelam dan hancur sehancur-hancurnya.  Rasa malu hanyalah secuil masalah dari jutaan masalah yang ada pada kehidupan kita di dunia yang sementara ini.

----

Jika bisa, jadikanlah rasa malu sebagai cambuk atau pecut untuk membuat diri kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.  Apabila tidak ingin mengalami kejadian serupa, maka lakukanlah sesuatu untuk mencegah agar tidak kembali terulang lagi.  Dengan manajemen emosi yang baik, maka hidup kita pun akan menjadi lebih baik.  Mohon maaf bila ada kata-kata yang salah dan semoga bermanfaat bagi kita semua.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengatasi/Menghilangkan Rasa Malu Pada Diri Sendiri"

Poskan Komentar