Jenis/Macam Penyebab Kematian / Meninggal Dunia Pada Manusia

Hidup dan mati merupakan dua hal yang mendasar dalam kehidupan makhluk hidup di dunia.  Tidak hanya manusia saja yang mati dan hidup, binatang, tumbuhan, bakteri, dan virus pun hidup dan mati.  Kehidupan manusia memang secara umum disebabkan oleh satu hal yaitu perkawinan, namun untuk hal kematian ada banyak hal yang mengakibatkan kematian pada manusia.  Mati adalah sesuatu yang misteri yang tidak akan bisa diketahui kapan, di mana, kenapa dan bagaimana meninggal dunianya karena hanya Allah SWT saja yang mengetahui segala hal yang gaib.

Macam / Jenis Faktor yang Menyebabkan Manusia / Seseorang Meninggal Dunia (Mati) :

1. Kecelakaan

Kecelakaan transportasi, kecelakaan kerja, kecelakaan dalam melakukan aktivitas, dan lain sebagainya merupakan salah satu penyebab orang mengalami kematian.  Dalam satu kecelakaan kendaraan bermotor saja bisa menyebabkan puluhan hingga ratusan orang kehilangan nyawa.  Dari mulai kendaraan yang sederhana seperti sepeda hingga kendaraan yang canggih seperti pesawat terbang semua bisa mengalami kecelakaan saat melakukan perjalanannya.

2. Sakit / Penyakit

Penyakit yang berbahaya seperti ebola, hiv aids, demam berdarah, penyakit jantung, penyakit diabetes, penyakit kanker, dan lain-lain adalah penyakit-penyakit yang biasanya membuat sebagian penderitanya menemui ajalnya.  Walau pun telah mendapatkan pengobatan medis yang canggih sekali pun jika memang sudah waktunya untuk mati, maka tidak akan dapat ditunda walau sedetik pun.

3. Korban Perang / Perkelahian

Perang baik dengan tangan kosong maupun dengan senjata merupakan peristiwa yang biasanya menyebabkan banyak orang meninggal dunia.  Tidak hanya manusia yang berasal dari pihak-pihak yang berseteru saja yang menjadi korban karena biasanya orang-orang yang tidak bersalah pun juga turut terbunuh jika sedang tidak beruntung.

Tidak hanya peperangan dan perkelahian saja yang bisa membuat orang menjadi mati, namun pertandingan olahraga pun juga banyak menelan korban jiwa.  Misalnya tinju, bela diri, rugby, gulat, dan lain sebagainya di mana orang saling melakukan kekerasan atas nama olahraga yang membuka peluang orang untuk tewas begitu saja tanpa rencana.

4. Bunuh Diri

Bunuh diri adalah perbuatan membunuh diri sendiri dengan berbagai cara.  Bunuh diri adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan dalam ajaran Islam apapun alasannya.  Orang bisa nekat bunuh diri karena berbagai penyebab, seperti gantung diri, menjatuhkan diri dari ketinggian, minum racun, menghirup karbon monoksida, dan lain sebagainya bisa masuk ke dalam neraka di akhirat nanti.

5. Kematian Mendadak

Sudah banyak orang-orang di sekitar kita yang tiba-tiba meninggal dunia tanpa ada tanda-tanda terlebih dahulu.  Tahu-tahu saja meninggal dunia karena berbagai hal yang mungkin menjadi penyebab kematiannya.  Banyak orang yang mati mendadak karena angin duduk, serangan jantung, stroke, kaget, tersedak, dan lain sebagainya.  Bencana alam pun juga turut ambil bagian dalam menyebabkan orang-orang tewas mendadak dalam jumlah kecil maupun besar.

Kematian mendadak juga bisa disebabkan oleh penyalahgunaan obat.  Over dosis obat terlarang merupakan hal yang biasa terjadi pada pengguna narkoba.  Para pelaku penyalahgunaan obat-obatan terlarang pada umumnya tidak pernah menginginkan mati karena narkotika atau zat adiktif lainnya.  Namun karena ketidakberdayaan terhadap rasa sakit yang ditimbulkan oleh ketergantungan narkoba, maka resiko kematian pun akan diambil tanpa banyak pertimbangan.

----

Atas segala kekurangan dan kesalahannya kami mohon maaf yang sebanyak-banyaknya.  Jika ada tambahan mohon ditambahkan melalui fitur komentar yang ada di bawah tulisan ini.  Terima kasih atas kunjungan anda mudah-mudahan membawa manfaat yang sehebat-hebatnya pada kita semua.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Jenis/Macam Penyebab Kematian / Meninggal Dunia Pada Manusia"

Poskan Komentar