Contoh Aib / Hal Memalukan Pada Diri Seseorang (Manusia)

Sesuatu yang bisa membuat malu pada diri seseorang biasanya akan disembunyikan oleh orang yang memilikinya agar tidak diketahui oleh orang lain.  Hal-hal yang memalukan jika sampai diketahui oleh orang lain tentu saja akan menyebabkan rasa malu yang amat sangat.  Namun pada orang-orang tertentu justru malah senang aibnya diketahui oleh orang lain.  Biasanya orang yang suka membuka aibnya sendiri memiliki kelainan pandangan terhadap sesuatu hal yang memalukan.

Kadar ketahanan rasa malu pada diri seseorang berbeda-beda antara orang yang satu dengan orang yang lainnya.  Ada yang akan merasa sedih dan stress berkepanjangan ketika aibnya diketahui oleh orang lain, namun ada pula orang yang hanya kecewa sebentar saja lalu kembali normal seperti sedia kala tanpa suatu perasaan yang negatif pada dirinya.  Yang pasti ada pula orang-orang yang malah bangga aib keburukannya terbongkar dan diketahui oleh orang lain.

Beberapa Contoh Aib atau Hal yang Membuat Malu Seseorang (Manusia) :

1. Cacat tubuh
2. Penyakit yang sedang diderita
3. Kebiasaan jelek / buruk
4. Perselingkuhan
5. Perbuatan jahat yang pernah dilakukan
6. Kelainan seks
7. Ketergantungan pada obat terlarang
8. Suka mainan anak-anak
9. Kejelekan anggota keluarga
10. Perilaku yang menyimpang
11. Kemalasan beribadah
12. Kelemahan-kelemahan diri sendiri
13. Keadaan miskin / susah
14. Masalah keluarga, kantor, sekolah dan pribadi
15. Kebodohan
16. Kekalahan dalam suatu perlombaan
17. Pengalaman menjadi korban kejahatan
18. Kejadian-kejadian yang memalukan
19. Stress dan depresi
20. Menyenangi sesuatu yang dianggap aneh

Jika memiliki aib maka jadikanlah sebagai suatu rahasia.  Suatu aib yang disimpan rapat-rapat sebagai rahasia harus siap-siap terbongkar.  Karena cepat atau lambat suatu rahasia pastilah akan diketahui pihak lain juga.  Secara otomatis setiap aib telah diketahui oleh Allah SWT, malaikat dan jin.  Nantinya aib bisa diketahui oleh orang lain yang tidak berhak diketahui oleh orang lain apabila Allah SWT membukanya di akhirat.  Itulah sebabnya mengapa kita harus menjadi orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT agar rahasia kita tidak dibongkar dihadapan orang-orang nantinya.  Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Contoh Aib / Hal Memalukan Pada Diri Seseorang (Manusia)"

Posting Komentar