Cara Mengelak/Menghindar Menjawab Suatu Pertanyaan yang Tidak Ingin Dijawab

Ada kalanya kita disodori suatu pertanyaan yang kita tidak ingin menjawabnya.  Walaupun demikian terkadang orang yang memberikan pertanyaan bersikeras untuk mendapatkan suatu jawaban dari diri kita.  Kita pun harus cerdas memanfaatkan siatuasi agar si penanya tidak mendapatkan jawaban dari diri kita tanpa merasa kecewa.  Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghindar dari menjawab suatu pertanyaan dari sang penanya.

Berbagai Trik Cara Mengelak atau Menghindar Menjawab Suatu Pertanyaan yang Tidak Mau Kita Jawab :

1. Mengalihkan Pembicaraan

Dalam menghadapi pertanyaan yang tidak mau kita jawab bisa kita hadapi dengan mengalihkan topik pembicaraan.  Berikan saja jawaban klise yang tidak menjawab pertanyaannya.  Bicarakan berbagai hal menarik yang bisa membuat si penanya pertanyaan lupa akan pertanyaannya karena larut dalam pembicaraan berbagai topik menarik.

2. Mementahkan Pertanyaan

Berbagai jawaban pementah pertanyaan dapat kita ucapkan, seperti :
- Ada deh, mau tahu saja.
- Saya tidak mau menjawab.
- No comment.
- Au ah gelap.
- Langkahi dulu mayat saya. (Agak kasar)
- Hi hi hi hi hi. (tertawa ringan)
- Tanyakan saja kepada rumput yang bergoyang.
- Saya tidak tahu. (memang benar tidak tahu-menahu)

3. Melemparkan Jawaban

Jika kita sedang tidak ingin menjawab suatu pertanyaan karena kita sedang malas menjawab atau karena suatu hal lain, maka kita bisa saja memerintahkan si penanya untuk menanyakannya kepada orang lain.  Bisa orang lain yang memang bisa memberikan jawaban, atau bisa juga orang lain yang tidak bisa memberikan jawaban.

4. Membalikkan Pertanyaan

Setelah orang yang bertanya memberikan pertanyaannya, kita pun bisa langsung menanyakan kembali pertanyaan yang sama atau pertanyaan lain yang berbeda kepada si pemberi pertanyaan.  Namun tidak semua pertanyaan bisa kita pertanyakan kembali kepada si penanya.  Tetapi pertanyaan pengalihan dengan topik bahasan yang lain bisa kita lontarkan untuk menghindar dari menjawab pertanyaan penanya.

5. Menjadikan Rahasia

Bisa saja kita langsung mengatakan kepada orang yang bertanya kepada kita bahwa hal tersebut adalah suatu rahasia pribadi atau rahasia kelompok yang tidak boleh diketahui oleh orang lain terutama oleh si penanya.  Dengan menyatakan jawabannya adalah suatu rahasia maka si penanya pun kemungkinan besar akan memakluminya dengan lapang dada.

6. Mengambil Langkah Seribu

Melarikan diri dari situasi harus menjawab pertanyaan adalah suatu hal yang sah-sah saja.  Tinggal kita harus bisa memilah pada situasi kondisi mana yang bisa dan mana yang tidak bisa diterapkan.  Jangan sampai pada sebuah situasi yang menentukan justru kita malah kabur melarikan diri darinya sehingga kita mendapatkan suatu hal yang tidak baik.  Langkah seribu adalah langkah yang terakhir jika cara-cara mengelak menjawab pertanyaan lainnya tidak berhasil kita terapkan.

---

Berbohong adalah perbuatan yang tidak baik dan akan menyebabkan kehancuran pada diri kita.  Sekali berbohong maka kita dituntut untuk membuat kebohongan-kebohongan lainnya sampai kita lelah dan menyerah dengan kejamnya kenyataan.  Bohong atau dusta juga merupakan suatu perbuatan dosa dalam ajaran agama kita.  Oleh karena ini jika tidak mau menjawab suatu pertanyaan, maka sebaiknya jangan menjadi seorang pembohong dengan mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataannya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengelak/Menghindar Menjawab Suatu Pertanyaan yang Tidak Ingin Dijawab"

Posting Komentar