Rasa Takut yang Berlebihan Kepada Setan, Hantu, Jin dan Hal Gaib Lainnya

Perasaan takut adalah perasaan wajar yang terdapat pada diri setiap manusia.  Berbagai macam ragam rasa takut terdapat dalam diri manusia, dari mulai yang wajar hingga yang tidak wajar.  Sesuatu yang menakutkan tidak hanya mengganggu kejiwaan seseorang saja, namun juga dapat mengganggu jasmani seseorang.  Rasa takut pada seseorang menyebabkan terjadinya gangguan emosi jiwa sehingga membuat seseorang menjadi berperilaku serta bersikap berbeda dari biasanya.

Salah satu bentuk rasa takut yang ada di dalam diri manusia adalah rasa takut pada sesuatu yang bersifat gaib.  Sesuatu yang ghaib biasanya dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan bagi kebanyakan orang.  Celakanya, banyak orang-orang yang lebih merasa takut pada setan, hantu, arwah, jin, dan lain-lain daripada merasa takut kepada Tuhan.  Padahal sudah jelas bahwa makhluk-makhluk gaib  tersebut adalah ciptaan Tuhan dan para makhluk gaib pun juga merasa takut kepada Tuhan Allah SWT.

Ada berbagai faktor penyebab yang membuat manusia takut kepada makhluk halus alias makhluk goib, yaitu seperti :

1. Budaya masyarakat yang menggambarkan makhluk halus sebagai sosok yang kuat dan sulit untuk dikalahkan.

2. Film, tayangan televisi, novel, komik, cerpen, dan lain sebagainya yang menggambarkan makhluk ghoib sebagai makhluk menyeramkan yang gemar mencelakai manusia.

3. Orang-orang sakti dan orang-orang pintar yang memiliki kelebihan karena dibantu jin terlihat begitu hebat di mata umat manusia.

4. Sebagian orang tua menakuti anak-anaknya dengan menjadikan makhluk halus sebagai sesuatu yang sangat hebat serta menakutkan.

Sebenarnya kita tidak perlu takut kepada makhluk-makhluk gaib seperti hantu, roh, arwah, setan, jin, malaikat, dan kawan-kawan.  Manusia dan jin adalah makhluk Tuhan yang mempunyai satu tujuan hidup yaitu beribadah kepada Tuhan.  Manusia pun sama sekali tidak tahu persis bagaimana rupa jin yang sebenarnya.  Bukan hal yang tidak mungkin jin memiliki penampilan asli yang tidak menakutkan sama sekali.  Jadi jangan mudah percaya ketika ada pihak-pihak tertentu yang mengatakan bahwa makhluk gaib adalah sesuatu yang menakutkan, sadis dan gemar mencelakakan manusia secara fisik.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Rasa Takut yang Berlebihan Kepada Setan, Hantu, Jin dan Hal Gaib Lainnya"

Posting Komentar