Alasan Penyebab Seseorang Menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) ke Luar Negeri

Ada berbagai faktor penyebab yang mendorong seseorang untuk menjadi orang yang bekerja di luar negeri meninggalkan tanah airnya.  Menjadi Tenaga Kerja Indonesia atau yang disingkat dengan sebutan TKI bukanlah hal yang mudah.  Dibutuhkan tahapan-tahapan untuk bisa berangkat dan bekerja di negara asing dengan berbagai perbedaan budaya yang ada di dalamnya.  Minimnya permintaan tenaga kerja di Indonesia salah satu penyebab banyak orang yang memutuskan untuk menjadi TKI baik secara legal maupun ilegal.  Untuk lebih jelasnya mari kita lihat penjelasan di bawah ini.

Faktor Alasan Penyebab yang Menyebabkan Seseorang Menjadi Seorang TKI (Tenaga Kerja Indonesia) :

1. Mencari Penghasilan yang Besar

Pada umumnya penghasilan sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) legal alias resmi di luar negeri cukup besar jumlahnya.  Apabila dibandingkan dengan penghasilan UMP (Upah minimum Provinsi) atau UMR (Upah Minimum Regional) di Indonesia, maka penghasilan seorang TKI mungkin bisa mencapai berkali-kali lipatnya.  Namun demikian apabila para TKI tidak dapat menyesuaikan gaya hidupnya dengan biaya hidup di tempatnya bekerja yang pada umumnya lebih besar dibandingkan dengan di kampung halamannya, maka penghasilan besar pun akan habis juga tanpa tersisa.

2. Mencari Pengalaman Kerja

Adalah sesuatu hal yang biasa, suatu lowongan pekerjaan yang memberikan penghasilan di atas UMP mensyaratkan pengalaman kerja satu tahun atau lebih di bidang yang sama.  Hal ini tentu akan sulit sekali dipenuhi oleh orang-orang yang baru lulus sekolah atau kuliah dan juga orang-orang yang belum pernah bekerja di perusahaan resmi.  Biasanya untuk menjadi seorang TKI, tidak dibutuhkan syarat pengalaman kerja karena sebelum diberangkatkan ke negara tujuan kerja, para TKI (Tenaga Kerja Indonesia) akan diberikan pelatihan yang akan memberi bekal keterampilan untuk bekerja sesuai dengan bidang keahlian profesi yang dipilihnya.

3. Mencari Pasangan Hidup

Bagi orang-orang yang belum menikah atau sudah menikah namun masing ingin menambah isteri, menjadi seorang TKI dapat memperbesar peluang seseorang untuk bisa mempunyai pasangan hidup seorang warga negara asing.  Bentuk fisik orang-orang timur tengah, eropa, maupun amerika mungkin saja menjadi penyebab seseoang ingin mencari pasangan hidup di luar negeri.  Bukan hal yang tidak mungkin seseorang nekat menjadi seorang TKI hanya karena ingin mencari pasangan hidup di luar negeri.

4. Menjadi Warga Negara Asing

Orang-orang yang benci dengan Indonesia bisa saja ingin menjadi warga negara lain dengan cara menjadi TKI terlebih dahulu.  Baru setelah dirasa mampu memenuhi persyaratan pindah kewarganegaraan maka orang tersebut akan berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara di tempatnya bekerja dan melepaskan kewarga negaraan Indonesia yang dimilikinya.

5. Menjadi Seorang Juru Dakwah

Menyebarkan agama di negara-negara yang mayoritas penduduknya tidak memeluk agama yang sama dengan dirinya adalah salah satu tujuan seseorang menjadi seorang TKI yang bekerja di luar negeri.  Baik da'i, misionaris, dan lain sebagainya mungkin saja menjadi seorang TKI terlebih dahulu, kemudian setelah mampu beradaptasi dengan baik orang tersebut akan berdakwah kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.

Sekian informasi mengenai Tenaga Kerja Indonesia yang singkat ini.  Apabila ada kesalahan maupun kekurangan harap menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.  Terima kasih atas kedatangan anda di website yang sederhana ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Alasan Penyebab Seseorang Menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) ke Luar Negeri"

Posting Komentar