Cara Menggunakan/Menjalankan Printer Non Usb di Komputer/Laptop Tanpa Port LPT

Penggunaan USB port sudah menjadi standar pada berbagai produk elektronik seperti komputer PC, laptop, netbook, konsol video game, komputer tablet, handphone, dvd player, televisi dan lain sebagainya. Masalahnya muncul apabila kita memiliki produk aksesoris komputer lama yang belum memakai teknologi USB (Universal Serial Bus) namun komputer kita hanya bisa mendukung USB saja.

Jangan berkecil hati dulu karena masih ada jalan keluar atau solusi yang bisa membuat anda tersenyum lega kembali. Misalnya jika anda punya komputer yang colokan belakangnya adalah LPT Port (misalnya Epson LQ-2180 / LQ-2190) dan Komputer anda tidak ada port LPT (Line Print Terminal atau Local Print Terminal) maka anda butuh sebuah alat tambahan untuk konversi LPT ke USB yang namanya adalah LPT to USB Converter/Adapter atau Parallel to USB Converter/Adapter. Anda bisa cari penjual online lokal produk tersebut di google. Pastikan bentuk colokan pada konverter cocok dengan colokan printer anda sebelum membeli.

Jadi yang dapat anda lakukan adalah dengan mencolok port kabel LPT alat converter tersebut ke printer, kemudian colok usb dari alat koverter tersebut ke komputer kita. Biasanya tidak perlu software driver tambahan untuk bisa jalan. Pastikan pada komputer anda sudah terinstall driver printer yang sesuai dengan printer yang anda gunakan. Jika belum ada, maka bisa download dari internet lalu diinstall secara manual di komputer anda. Untuk perangkat lain yang punya port atau colokan yang berbeda anda bisa cari converternya di internet.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menggunakan/Menjalankan Printer Non Usb di Komputer/Laptop Tanpa Port LPT"

Poskan Komentar