Cara Menghadapi Bulan Puasa Ramadhan yang Semakin Dekat

Banyak orang yang merasa sedih ketika bulan puasa ramadhan sudah dekat.  Padahal bulan puasa itu adalah bulan yang luar biasa hebat dan penuh berkah.  Namun karena orang-orang pikirannya masih berdasarkan logika saja maka akan sulit untuk memahami kenikmatan puasa sebulan penuh di bulan ramadhan.  Ada hal-hal yang tidak enak, namun lebih banyak enaknya bagi yang mengerti.  Di bulan puasa seseorang bisa panen pahala dan kebaikan dalam jumlah besar dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Biasanya orang kurang suka dengan bulan ramadhan karena harus puasa setiap hari selama sebulan penuh dan harus menahan berbagai nafsu duniawi yang ada pada dirinya dalam waktu yang cukup lama.  Selain itu terkadang seseorang merasa tersiksa karena ingin dilihat orang sebagai orang yang agamanya baik harus pergi ke masjid untuk sholat isya dan sholat tarawih secara berjamaah.  Agar ibadah di bulan suci ramadhan bisa berjalan dengan baik dan lancar perlu adanya persiapan sebelum memasuki bulan ramadhan.

Beberapa Bentuk Persiapan yang Bisa Dilakukan Menjelang Datangnya Bulan Suci Ramadhan :

1. Latihan Puasa

Jika langsung puasa sebulan penuh terasa sangat menakutkan, cobalah latihan puasa dulu sebulan sebelumnya seperti dengan melakukan puasa sunnah senin kamis, puasa nabi Daud AS., dan lain sebagainya.

2. Menjaga Kesehatan

Tinggalkan segala macam hal yang bisa merusak kesehatan pada diri kita.  Sebelum masuk bulan puasa, hendaknya seseorang melakukan peningkatan kualitas pola hidup sehat agar tubuhnya menjadi lebih sehat dan fit dibanding dengan sebelum-sebelumnya.

3. Menggemukkan Badan

Agar cadangan lemak tidak tergerus habis ketika melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh, maka orang yang biasanya jadi kurus setelah bulan puasa sebaiknya menggemukkan badan terlebih dahulu agar badannya tidak terlalu kurus sekali di akhir bulan suci ramadhan.

4. Mengurangi Makan, Minum dan Merokok

Agar tidak merasa sangat kelapadan dan kehausan dan juga sakaw rokok ketika berpuasa dari shubuh hingga maghrib, sebaiknya jauh-jauh hari sebelum masuk ke bulan puasa sudah melakukan pengurangan terhadap porsi makan, minum dan merokok.  Merokok itu haram karena bisa membinasakan diri sendiri, maka dari itu tinggalkan merokok secara total sejak hari ini juga agar tidak dianggap sebagai orang yang mati bunuh diri akibat membinasakan diri sendiri.

5. Mempelajari Keutamaan dan Cara Mengoptimalkan Bulan Ramadhan

Setelah lama tidak bertemu dengan bulan suci ramadhan biasanya kita lupa akan hal-hal penting yang berkaitan erat dengan ibadah di bulan suci ramadhan.  Selain itu keutamaan-keutamaan ibadah di bulan suci pun juga kadang ada yang terlupakan.  Untuk mengingat kembali hal-hal yang mungkin terlupakan tidak ada salahnya mempelajari kembali dari buku-buku atau media lainnya.  Jika kita tahu dan ingat apa saja kebaikan ramadhan tentu akan dapat meningkatkan semangat ibadah kita berkali-kali lipat.

---

Mudah-mudahan ramadhan kali ini yang akan kita temui bisa menjadi bulan ramadhan terbaik yang pernah kita alami.  Jangan sampai bulan ramadhan lewat begitu saja tanpa ada upaya dari diri kita untuk memaksimalkannya semaksimal mungkin.  Sayang kalau sampai hilang kesempatan emas begitu saja.  Perbanyak ibadah kita di bulan ramadhan dan hilangkan sifat riya dan pamer kita agar amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.  Amin.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghadapi Bulan Puasa Ramadhan yang Semakin Dekat"

Poskan Komentar