Cara Menghilangkan Kenangan Buruk / Ingatan Pengalaman Trauma Masa Lalu

Pada umumnya setiap orang memiliki kenangan buruk masing-masing.  Ada yang berupa kenangan pahit sepele dan ada juga yang kenangan buruknya sangat kompleks.  Namun kemampuan setiap orang dalam mengatasi kenangan masa lalunya yang buruk tidaklah sama.  Ada yang bisa dengan mudah mengatasi kenangan buruknya dan ada pula yang tidak mampu mengatasinya walaupun dianggap sepele oleh kebanyakan orang.

Jika kita memiliki suatu pengalaman yang tidak mengenakkan di masa lalu, maka hendaknya kita atasi hingga tuntas sesuai kemampuan diri kita.  Jangan sampai kita melarikan diri dari kenyataan sehingga masalah yang ada selalu muncul di benak kita dan pada akhirnya mengganggu aktivitas hidup kita sehari-hari.  Kenangan buruk yang tidak diatasi dengan baik bisa muncul tiba-tiba dalam ingatan kita sehingga dapat mengganggu aktivitas kehidupan kita.

Ingatan buruk yang traumatis bisa menyebabkan gangguan jiwa dan juga penyakit fisik pada orang yang mengalaminya.  Oleh karena itu jika kita tidak bisa mengatasi masalah kenangan buruk masa lalu kita sendiri, hendaknya minta bantuan kepada orang lain yang bisa dipercaya untuk mengatasi masalah yang kita hadapi.  Bisa melalui psikiater, psikolog, konselor, dokter, ustadz, alim ulama, sesepuh, ketua rt, ketua rw, guru, dan lain sebagainya.  Namun jangan sampai menceritakan aib atau keburukan orang lain secara langsung agar tidak dosa.

Tips Cara Mengatasi / Menghilangkan Kenangan Buruk / Trauma Pengalaman Buruk Masa Lalu :

1. Fokus Ke Masa Kini dan Masa Depan

Mulai saat ini berhentilah selalu mengingat masa lalu.  Mulailah melupakan kenangan masa lalu yang tidak begitu bermanfaat sehingga daya ingatan tersebut bisa digunakan untuk mengingat hal lain yang lebih bermanfaat bagi kehidupan kita di saat ini dan di saat yang akan datang.

2. Memperbanyak Kesibukan

Orang yang banyak menganggur biasanya akan banyak melamun dan memikirkan hal-hal yang tidak-tidak sehingga bisa sering terngiang-ngiang kenangan buruk di masa lalu yang dapat menurunkan semangat hidup.  Untuk itulah hendaknya memperbanyak aktivitas bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari agar tidak mudah teringat pengalaman masa lalu yang tidak mengenakkan.

3. Menolak Mengingat Masa Lalu

Jika mulai teringat kenangan buruk di masa lalu maka sebaiknya segera alihkan pikiran ke hal lain yang enak-enak.  Sehingga dengan begitu maka mental seseorang tidak akan mudah drop karena ingatan buruk di masa lalu.  Ketika pikiran sedang berusaha menampilkan ingatan masa lalu maka sesegera mungkin diganti dengan ingatan-ingatan yang lucu, menarik, membanggakan, dan lain sebagainya.

4. Mengatasi Hal-Hal yang Mengingatkan Kenangan Buruk

Apabila ada benda-benda yang dengan mudah mengingatkan kita pada pengalaman masa lalu yang buruk, maka sebaiknya dibuang saja jauh-jauh, diberikan kepada orang lain yang tidak dikenal, dijual kepada orang yang tidak dikenal, atau disimpan di tempat yang aman dan jarang terlihat mata.  Jika penyebabnya adalah seseorang, maka sebaiknya kita mulai jauhi tanpa merusak hubungan baik dengannya.

5. Menganggap Sebagai Mimpi Buruk Belaka (Tidak Penting)

Anggaplah kenangan buruk di masa lalu sebagai sesuatu hal yang tidak penting karena hanya akan menyebabkan hal-hal yang kurang baik dan hanya sekedar mimpi belaka.  Mimpi yang buruk bisa dengan mudah dilupakan, sehingga dengan menganggap kejadian buruk traumatis di masa lalu sebagai mimpi, maka diharapkan bisa membantu menghilangkan perasaan tidak menyenangkan terhadap kenangan buruk tersebut.

6. Berubah Menjadi Lebih Baik

Berusahalah untuk menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.  Dengan begitu maka kenangan buruk di masa lalu akan turut ikut terbawa sebagai kenangan masa lalu ketika masih menjadi orang yang tidak benar.  Lama kelamaan maka kenangan buruk di masa lalu pun akan menjadi bagian dari sejarah memalukan yang patut untuk dilupakan.

7. Menjalankan Pola Hidup Sehat

Dengan sibuk menerapkan perilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari maka diharapkan dapat melupakan berbagai kejadian buruk di masa lalu yang pernah terjadi dalam kehidupan seseorang.  Pola hidup sehat yang sudah dijalankan / diterapkan dalam keseharian harus dipertahankan dengan baik agar tidak kembali ke pola hidup yang tidak sehat.

8. Banyak Mengajak Kebaikan Kepada Orang Lain

Salah satu cara menjadi orang yang lebih baik adalah dengan selalu mengajak orang lain untuk selalu berbuat kebaikan dan selalu berusaha untuk menjauhi maksiat.  Jika hal tersebut dilakukan dengan baik, maka mudah-mudahan akan membuat diri sendiri malu dengan kenangan buruk masa lalu dan akhirnya akan berupaya untuk melupakan kenangan buruk tersebut.

9. Berdoa dan Berserah Diri Kepada Yang Maha Penyayang

Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, serta bertobatlah dengan sebenar-benarnya tobat agar dosa-dosa yang telah ada dihapus oleh Allah SWT sang Maha Pengampun.  Berdoalah minta agar bisa melupakan kenangan masa lalu yang buruk dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.  Insya Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT jika kita sungguh-sungguh memintanya.

10. Menganggap Sebagai Ujian dan Jalan Menuju Sukses

Kegagalan adalah guru yang paling baik.  Dengan begitu jadikanlah kenangan buruk di masa lalu sebagai pelajaran berharga yang bisa dipetik hikmahnya agar bisa menjadi orang yang lebih baik di masa mendatang.  Selain itu setiap orang akan diberikan ujian hidup oleh Allah SWT dalam batas kemampuan yang telah disesuaikan dengan kemampuan setiap manusia.  Dengan begitu kita harus menganggap pengalaman buruk di masa lalu sebagai sesuatu hal yang wajar dan bisa dipelajari hikmah dibaliknya sehingga dapat memberikan sesuatu hal yang baik di masa mendatang.

---

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan seseorang jika ingin melupakan kenangan buruk / pengalaman buruk di masa lalu.  Jika memang masih sukar dilupakan maka bisa dicarikan jalan keluar lainnya lewat bantuan orang lain secara langsung maupun tidak langsung.  Semoga kenangan buruk di masa lalu bisa dilupakan secara baik-baik dan bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya.  Semoga bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih banyak atas perhatian anda,

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan Kenangan Buruk / Ingatan Pengalaman Trauma Masa Lalu"

Poskan Komentar