Cara Mengatasi / Menghilangkan Rasa Kesepian di Dalam Diri Seseorang

Rasa kesepian adalah suatu perasaan negatif yang tidak baik bagi diri seseorang.  Jika seseorang terus-menerus merasa kesepian, maka bisa menyebabkan stress atau depresi pada orang tersebut.  Kesepian terjadi jika seseorang kurang melakukan interaksi sosial yang berkualitas dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.  Rasa kesepian akan lebih parah lagi jika seseorang tidak mempunyai aktivitas sehari-hari yang banyak.  Melihat berbagai keburukan yang ditimbulkan oleh kesepian, maka hendaknya setiap orang berusaha mengatasi rasa kesepiannya dengan cara-cara yang baik dan benar.

Beberapa Tips Cara Mengatasi / Menghilangkan Kesepian Pada Manusia (Orang) :

1. Menikah / Berkeluarga

Salah satu obat kesepian yang paling manjur adalah dengan menikah dan memiliki anak-anak dari pernikahan tersebut.  Dalam ajaran agama Islam telah dijelaskan bahwa menikah akan memberikan rasa tenang dan tentram.  Tentu saja orang yang dinikahi haruslah benar-benar orang yang disukai dan seiman seagama.  Orang yang dikawini pun juga harus punya rasa suka yang sama, agar terjalin rasa kasih sayang yang tidak bertepuk sebelah tangan.  Setelah punya anak-anak, barulah akan sirna rasa kesepian tersebut.  Kecuali bagi keluarga yang terpisah jarak sehingga sulit untuk bertemu antar seluruh anggota keluarga secara intensif.

2. Berteman dengan Orang-Orang Baik / Sholeh

Jika belum bisa menikah, maka berteman dengan banyak orang baik adalah salah satu solusi yang baik bagi orang-orang yang selalu merasa kesepian.  Mulailah menginventarisir mana saja teman-teman kita yang baik dan tidak mungkin akan menularkan pengaruh negatifnya, lalu kemudian lakukan pendekatan terhadap mereka agar bisa berteman dekat dengan mereka.  Setelah dekat dengan teman-teman yang baik, maka mintalah rekomendasi teman baik dari teman kita yang bisa dijadikan teman juga agar bisa berteman dengan lebih banyak orang baik lagi.  Setelah punya banyak teman maka bisa dibuat kegiatan atau event-event bersama sesuai minat yang dimiliki, seperti bersepeda, main ping pong, main video game, berkunjung ke pameran, jalan-jalan ke luar kota, dan lain sebagainya.

3. Membuat Kegiatan / Proyek Penting

Untuk mengatasi rasa kesepian dan kesedihan dalam diri, salah satunya adalah dengan membuat suatu aktivitas yang penting dan seru bagi diri sendiri.  Syukur-syukur ada teman yang satu visi dan bisa diajak join dalam proyek yang sama.  Tentu saja proyek yang dijalankan haruslah proyek besar yang kira-kira bisa membawa kesuksesan di masa yang akan datang.  Contohnya seperti membuat situs web yang sangat menarik, membuat program atau aplikasi yang sangat bermanfaat, membuat suatu benda penemuan baru, merancang suatu perencanaan bisnis besar, dan lain sebagainya.

4. Menjadi Orang yang Bermanfaat Bagi Orang yang Kurang Beruntung

Apabila kita menjadi orang yang sangat dibutuhkan oleh orang banyak, maka kita akan merasa bermanfaat bagi orang lain.  Hal tersebut akan membantu mengatasi rasa kesepian yang kita rasakan selama ini.  Lebih-lebih lagi jika kegiatan sosial membantu orang lain tersebut banyak menyita waktu yang dimiliki, tentu akan membuat seseorang tidak sempat untuk merasakan kesepian yang sedang dideritanya.  Contohnya seperti menjadi pembimbing anak-anak kurang mampu, menjadi guru bagi kaum dhuafa, membantu di panti jompo, mengumpulkan dana bagi orang yang membutuhkan, memjadi panitia bakti sosial, membantu di panti asuhan, dan lain-lain.

5. Melarutkan Diri Dalam Hobi

Kegemaran atau hobi bisa membuat seseorang lupa akan segala-galanya.  Hal ini patut dicoba oleh orang yang sering merasa kesepian dalam kehidupannya.  Akan tetapi jangan sampai lupa akan segala hal yang penting-penting, seperti bekerja, makan, minum, tidur, mandi, olahraga, ibadah, bersosialisasi, dan lain sebagainya.  Tentu akan lebih baik lagi apabila hobi yang dijalani dikombinasikan dengan bisnis sehingga bisa menambah penghasilan pribadi dalam jumlah yang lumayan.  Syukur-syukur bisa menjadi kegiatan utama sehingga bisa menikmati hidup yang sepi dengan baik tanpa makan hati.

----

Semoga diri kita terhindar dari kesepian yang merusak mental maupun fisik kita.  Jadikan rasa kesepian sebagai cambuk untuk membuat diri kita berusaha keras untuk tidak kesepian lagi.  Tentu saja harus melakukan usaha-usaha yang bisa menghilangkan rasa kesepian yang ada.  Jika sulit, maka jangan sungkan untuk mencari bantuan konseling dari orang yang ahli dan bisa dipercaya agar rasa kesepian yang dialami bisa diminimalisir dan syukur-syukur bisa disembuhkan hingga tuntas sampai ke akar-akarnya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengatasi / Menghilangkan Rasa Kesepian di Dalam Diri Seseorang"

Poskan Komentar