Cara Menghilangkan Malas Belajar di Kelas / Sekolah / Kampus

Bagi para pelajar sekolah yang memang pekerjaan sehari-harinya adalah menuntut ilmu di sekolah tentu akan sering timbul rasa bosan untuk belajar.  Entah itu belajar di sekolah maupun di rumah, belajar bisa menjadi sesuatu hal yang malas untuk dikerjakan.  Walaupun belajar itu baik untuk orang-orang yang seusia mereka, namun karena belajarnya merupakan belajar yang dipaksakan maka wajar jika muncul rasa bosan, malas, bete, sumpek, dan lain sebagainya dalam kegiatan belajan sehari-hari.

Jika rasa malas belajar atau malas sekolah mulai muncul, maka sebaiknya segera melakukan tindakan-tindakan yang dapat membuat rasa malas belajar mencari ilmu itu hilang.  Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka akibatnya bisa fatal.  Nilai ujian dan rapor sekolah atau kuliah yang seharusnya bagus bisa tiba-tiba menjadi jelek karena secara perlahan-lahan pelajaran yang terserap di otak pikiran semakin berkurang.  Akhirnya soal-soal ujian yang diberikan guru / dosen pun tidak bisa dijawab dengan baik sehingga prestasi yang didapat memburuk dari hari ke hari.

Beberapa Tips / Cara Mengatasi Rasa Bosan / Malas Belajar di Sekolah / Kampus :

1. Memikirkan Masa Depan

Masa depan yang tidak pasti menyebabkan setiap orang harus berjuang untuk mendapatkan masa depan yang baik.  Dengan nilai akademis yang baik maka akan ada banyak peluang untuk bekerja di tempat-tempat bekerja yang baik, entah itu baik dari segi penghasilan maupun dari segi kondisi kerja.  Jika nilai akademis buruk maka akan ada banyak peluang lowongan bekerja sulit untuk ditembus.  Memang di luar negeri kemampuan dan keterampilan sangat diperhitungkan, namun untuk ukuran negara Indonesia, nilai akademis masih banyak dijadikan acuan dalam rekrutmen pekerja atau pegawai oleh perusahaan.

2. Memikirkan Orangtua / Wali

Kasihanilah orangtua kita yang telah dengan susah payah menyekolahkan / menguliahkan kita hingga saat ini.  Yang pasti mereka ingin agar diri kita bisa menjadi individu-individu yang sukses dan mandiri di masa mendatang.  Jika orangtua atau wali kita tidak peduli dengan nasib kita ke depannya, maka niscaya mereka tidak akan menyekolahkan kita, apalagi sampai ke bangku perguruan tinggi.

3. Memikirkan Isteri/Suami dan Anak-Anak Cucu-Cucu

Mau kita beri makan apa isteri dan anak-anak kita nantinya jika kita gagal menjadi pribadi yang mapan dan mandiri.  Jangan sampai diri kita dan keluarga kita menjadi beban tanggungan bagi orangtua kita atau orangtua pasangan hidup kita.  Ketika mau menikah nanti pun juga akan sulit jika kita sudah menjadi orang yang gagal dalam pekerjaan dan pendidikan.  Jika sudah demikian maka yang mau menjadi pasangan hidup kita pun biasanya hanya orang-orang rendahan.  Dengan anak-anak dan cucu-cucu kita pun nanti kita bisa malu jika mereka sampai tahu bahwa kita adalah orang gagal dalam sisi pendidikan dan pekerjaan kita.

4. Memikirkan Rasa Malu

Pikirkanlah rasa malu yang amat sangat ketika diri kita dipaksa untuk keluar dari sekolah atau kampus yang selama ini menjadi tempat kita menuntut ilmu karena prestasi yang buruk.  Tentu itu akan menjadi sesuatu hal yang sangat memalukan seumur hidup.  Tidak naik kelas, dipermalukan guru / dosen, dicerca teman-teman, dimarahi orangtua, dan ditertawakan anak cucu merupakan suatu pengalaman yang sangat tidak menyenangkan.

----

Dari keempat hal di atas diharapkan bisa meningkatkan semangat belajar kita yang saat ini telah kendor.  Saat ini yang harus kita lakukan adalah berusaha mendapatkan nilai ujian yang baik sekaligus mencari keterampilan yang penting dan banyak dihargai oleh orang lain sebanyak mungkin.  Namun jangan sampai melupakan kesenangan yang saat ini kita gemari.  Menghibur diri dengan melakukan sesuatu yang disenangi adalah hal yang sah-sah saja dilakukan, akan tetapi jangan sampai menyebabkan diri kita lalai sehingga lupa akan tugas utama kita saat ini yaitu belajar mendapatkan ijazah dengan nilai baik sambil mengasah berbagai keterampilan yang kita minati.

Beberapa keterampilan yang perlu dipelajari saat ini contohnya seperti ilmu dagang, ilmu teknologi informasi, ilmu komputer, ilmu komunikasi, ilmu kesehatan, ilmu pertanian, ilmu peternakan, ilmu bangunan, ilmu pengolahan makanan sehat, ilmu transportasi, ilmu keguruan, dan lain sebagainya.  Dengan memiliki banyak keterampilan dan pengalaman diharapkan akan memudahkan kita untuk berwirausaha dari modal yang didapat dari bekerja di perusahaan milik orang lain.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan Malas Belajar di Kelas / Sekolah / Kampus"

Poskan Komentar