Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Membawa Sepeda Motor

Membawa kendaraan bermotor tidak selamanya berjalan dengan lancar.  Berbagai hambatan dan rintangan harus selalu dengan sigap dan tanggap ditangani dengan baik agar bisa sampai ke tempat tujuan dalam keadaan selamat dan sehat walafiat.  Salah satu masalah yang biasa dihadapi oleh pemotor (pengemudi sepeda motor) adalah ngantuk.  Mengantuk merupakan salah satu kondisi pengendara sepeda motor yang sangat tidak menyenangkan.

Mengantuk adalah suatu kondisi yang sangat tidak diperkenankan untuk membawa kendaraan bermotor karena bisa menyebabkan kecelakaan.  Oleh karena itu kantuk harus segera ditangani dengan baik agar tidak menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.  Jika saat mengantuk tetap dipaksakan untuk membawa sepeda motor dikhawatirkan terjadi kecelakaan yang menyebabkan suatu perasaan menyesal yang amat sangat seumur hidup.  Lebih baik mencegah kecelakaan kendaraan bermotor daripada mengobati luka-luka akibat kecelakaan.

Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Mengendarai Sepeda Motor :

1. Istirahat Sebentar di Pinggir Jalan

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi rasa mengantuk ketika membawa sepeda motor adalah dengan cara berhenti di pinggir jalan yang tidak ada larangan berhenti atau larangan parkirnya.  Pilih pinggir jalan yang nyaman dan aman dari lalu lalang kendaraan bermotor di sekitarnya.  Buka helm dan jaket, kemudian nikmati pemandangan alam sekitar.  Jika ada tempat duduk yang nyaman maka dudukilah untuk beristirahat.  Jika dirasa kantuk sudah hilang maka berarti perjalanan sudah bisa dilanjutkan.

2. Jajan Sebentar di Tempat Adem

Apabila cara pertama gagal dan masih merasa mengantuk, maka cobalah untuk membeli makanan atau minuman yang kira-kira bisa membantu menghilangkan rasa kantuk di minimarket atau supermarket.  Contoh jajanan seperti minuman kopi, es krim, roti, minuman dingin, permen, dan lain sebagainya.  Udara ac yang sejuk di dalam toko mungkin bisa membantu menyegarkan kembali kesadaran anda sehingga bisa kembali melanjutkan perjalanan yang sempat terhenti.

3. Tidur Sebentar di Tempat Umum

Jika cara pertama dan kedua telah gagal total, maka berarti anda harus tidur sejenak.  Tidur bisa dilakukan di tempat-tempat tertentu seperti masjid, musholla, hotel, losmen, warnet, ruang karaoke, dan lain sebagainya.  Setelah tidur sebentar diharapkan rasa mengantuk hilang seketika dan siap untuk melanjutkan perjalanan yang tertunda.  Jangan lupa mensetting reminder atau alarm handphone agar bisa membangunkan di saat pemotor tertidur lelap.

---

Itulah tadi beberapa hal yang bisa anda coba kerjakan dalam rangka mengatasi rasa mengantuk yang datang ketika sedang mengendarai sepeda motor di jalan raya.  Mudah-mudahan bisa membawa manfaat untuk kita semua.  Akhir kata mohon maaf apabila ada yang salah atau kurang, terima kasih atas perhatian anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Membawa Sepeda Motor"

Poskan Komentar