Negara Asia Tenggara (ASEAN) yang Tidak Punya Laut

Di wilayah asia tenggara ternyata terdapat negara yang tidak memiliki wilayah laut sama sekali.  Jika tidak punya laut maka tentunya negara tersebut tidak akan berkembang tentara angkatan lautnya karena tidak punya laut yang bisa dijaga secara penuh.  Tidak punya area laut maka tidak akan ada pantai, pasir pantai, tebing laut, anak pantai, dan lain sebagainya.  Walaupun tidak ada laut, namun yang namanya negara menjadi negara berdaulat yang mendeka penuh maka itu sudah sangat bagus sekali.

Satu-satunya negara di Asia Tenggara yang merupakan anggota ASEAN yang tidak mempunyai wilayah laut adalah negara Laos.  Laos hanya punya wilayah darat saja.  Dikelilingi oleh banyak negara Asia Tenggara lainya seperti Vietnam, Kamboja, Thailand dan Myanmar, serta negara Cina alias Tiongkok.  Jika warga negara laos ingin pergi ke laut untuk berjemur di pantai, melihat pantai, main pasir pantai, melihat matahari terbenam di laut, dan lain sebagainya maka harus pergi ke luar negeri dulu.

Negara kita tercinta Indonesia memiliki banyak sekali wilayah laut.  Jumlah pantai di Indonesia pun juga sangat banyak sekali sehingga kita bisa mengunjungi pantai-pantai tersebut tanpa harus pergi ke luar negeri.  Itulah salah satu kehebatan Indonesia yang kaya akan wilayah laut yang patut kita syukuri bersama.  Mari kita jaga wilayah daratan dan lautan di negara kita demi kebaikan kita bersama, baik untuk saat ini maupun masa yang akan datang.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Negara Asia Tenggara (ASEAN) yang Tidak Punya Laut"

Poskan Komentar