Masa Kepunahan Handphone / Ponsel di Masa Depan

Handphone-handphone keluaran lama yang dulu pernah berjaya di dunia kemungkinan besar di masa depan akan mengalami ketidakberfungsian sehingga tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi.  Semakin berkembangnya teknologi di masa depan akan membuat teknologi telepon seluler yang ada saat ini dipandang hanya sebagai pengganggu saja karena memakan sumber daya frekuensi yang terbatas.

Saat ini kita sudah melihat berbagai perubahan dalam dunia pertelekomunikasian kita.  Teknologi yang baru dan lebih canggih menggusur teknologi yang sudah ada dan masih digunakan oleh banyak orang.  Kita lihat dulu teknologi CDMA 2000 1x di frekuensi 1900 mhz (kalau tidak salah) yang digusur untuk digunakan oleh sistem yang lebih baru.  Dengan begitu handphone atau handset yang hanya mendukung satu frekuensi CDMA saja menjadi tidak bisa digunakan karena para operator yang menghentikan layanan secara sepihak.

Jika hal tersebut dipraktekan di masa yang akan datang, tentu akan mengancam eksistensi hp-hp kuno alias jadul (jaman dulu).  Hape yang dulu orang sering gunakan di tahun 90-an dan 2000-an akan menjadi benda koleksi yang tidak dapat digunakan lagi untuk berkomunikasi.  Kecuali mungkin masih berfungsi jika digunakan di negara lain dengan menggunakan layanan operator tertentu.  Jika hal itu terjadi maka kita tidak akan bisa lagi bergaya dengan ponsel keluaran lama yang saat ini sangat jarang digunakan orang Indonesia.

Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk menghentikan kemungkinan perubahan teknologi yang akan digunakan di masa depan.  Kita pun mungkin nanti menjadi enggan menggunakan teknologi lama karena melihat berbagai kelebihan dan kehebatan teknologi baru yang luar biasa.  Jika ditentang, maka kita bisa mendapatkan perlawanan dari orang-orang yang pro dengan perubahan teknologi lama ke teknologi yang baru.  Jika handphone lama tidak bisa dipakai untuk berkomunikasi jarak jauh lagi, maka hp tersebut bisa menjadi barang koleksi atau digunakan untuk menjalankan fungsi / fitur tertentu yang kita butuhkan.

Beberapa Fungsi Handphone Lama / Jadul yang Masih Bisa Digunakan (Jika Mendukung) :

1. Pemutar Multimedia (Musik, Suara, Gambar, Video, dll)
2. Perekam Multimedia (Musik, Gambar, Suara, Video, dsb)
3. Permainan (Games)
4. Alarm Jam
5. Pengingat Sesuatu (Reminder)
6. Penunjuk Waktu (Jam)
7. Sumber Cahaya (Senter)
8. Penghitung Waktu (Stop Watch)
9. Menonton Televisi dan Mendengar Siaran Radio
10. Kalender
11. Penyimpan Nomor Telepon Kontak
12. Menyimpan Tulisan Teks Penting

Selain handphone model lama, handphone model terbaru yang kita pakai saat ini pun juga terancam tidak bisa digunakan lagi di masa depan.  Bisa saja di masa yang akan datang telah ditemukan teknologi yang sangat canggih sehingga tidak diperlukan lagi handset seperti yang sekarang ini kita gunakan.  Seperti halnya alat komunikasi pager yang dulu sangat ngetrend sekali, yang pada akhirnya harus rela tergusur dan mati setelah hp banyak digunakan orang untuk berbagai kebutuhan hidup.

Semoga di masa depan kita semua selalu mendapatkan yang terbaik dari dunia telekomunikasi Indonesia.  Jika hal yang kita takutkan terjadi, maka terimalah dengan tulus ikhlas dengan penuh kesabaran.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Masa Kepunahan Handphone / Ponsel di Masa Depan"

Poskan Komentar