Benua Eropa itu Bukan Benua Asli Tetapi Anak Benua (Semenanjung)

Fakta menunjukkan bahwa benua eropa yang selama ini disebut sebagai benua tersendiri yang terpisah dari benua lainnya ternyata hal tersebut tidak benar.  Benua eropa dipisahkan menjadi benua sendiri hanya karena alasan perbedaan budaya.  Secara geografis dan geologis, wilayah eropa adalah anak benua atau semenanjung saja.  Aslinya eropa bukan benua sendiri karena mungkin orang eropa di masa lalu ingin dibedakan dengan orang-orang asia.

Benua eropa jika dilihat dari peta sangat terlihat bahwa benua ini merupakan satu kesatuan yang utuh dengan benua asia.  Oleh karena itulah banyak orang yang menyebut gabungan antara daerah eropa dengan daerah asia sebagai daerah eurasia (europe & asia).  Antara benua asia dengan benua eropa tidak ada laut yang memisahkan sama sekali sehingga berada dalam satu daratan yang sama dengan benua asia.

Fakta unik lainnya adalah walaupun kita orang Indonesia berada di benua asia namun kita tidak berada di daratan yang sama dengan orang-orang eropa.  Banya negara asia yang tidak berada di daratan besar asia karena bertempat di pulau atau kepulauan tersendiri yagn terpisah dari daratan utama eurasia.  Contohnya seperti Indonesia, Filipina, Jepang, Singapura, Timor Leste, dan lain sebagainya.  Berbeda dengan Malaysia negara tetangga kita yang masih punya wilayah yang ada di daratan utama benua asia.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Benua Eropa itu Bukan Benua Asli Tetapi Anak Benua (Semenanjung)"

Poskan Komentar