Cara Menghilangkan Rasa Jijik atau Geli Terhadap Sesuatu Hal

Punya rasa jijik adalah sesuatu hal yang wajar dimiliki oleh seorang manusia.  Orang yang tidak punya rasa jijik atau rasa geli terhadap sesuatu hal mungkin bisa saja justru menjadi orang yang jorok dan menjijikkan di mata orang lain karena terbiasa terpapar dengan hal-hal yang menjijikkan.  Uniknya tingkat kesanggupan tiap orang terhadap hal-hal yang bersifat menjijikkan berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lain.

Beberapa Contoh Perasaan Jijik yang Dimiliki Oleh Manusia :

1. Perasaan jijik terhadap kotoran manusia (feses/pup/tahi), terutama kotoran orang lain
2. Perasaan geli terhadap binatang yang menjijikkan seperti cacing, ulat, belatung, kecoa, dkk
3. Perasaan jijik terhadap orang miskin yang dekil, lusuh, kumal, bau, kotor, dsb
4. Perasaan geli terhadap bahan makanan hewani mentah seperti usus, daging, lidah, dll
5. Perasaan jijik terhadap tempat yang kotor atau yang nampak kotor walaupun bersih

Seseorang yang jijik dengan cacing belum tentu jijik dengan kecoa. Ada juga orang yang sangat berani dan tidak merasa jijik dengan cacing maupun kecoa.  Namun ada pula orang yang jijik sekali dengan kecoa dan cacing tanah.  Jadi jangan heran ketika ada orang yang mengatakan bahwa kita melakukan sesuatu hal yang menjijikkan walaupun menurut kita biasa-biasa saja.  Orang yang terbiasa hidup bersih biasanya yang lebih mudah merasa jijik dengan berbagai hal yang dianggap tidak menjijikkan bagi banyak orang di sekitarnya.

Tips Cara Mengatasi Perasaan Jijik atau Rasa Geli Pada Suatu Hal

Jika kita punya rasa jijik akan suatu hal dan ingin mengatasi rasa jijik tersebut maka kita perlu melakukan upaya-upaya tertentu.  Terkadang tuntutan pekerjaan menuntut diri kita untuk mengatasi rasa jijik yang berlebihan terhadap sesuatu hal.  Contohnya yaitu seperti tukang sampah yang harus siap berjibaku seharian bersama dengan sampah-sampah yang sangat menjijikkan.  Jika gagal mengatasi perasaan jijik yang dimilikinya, tentu pekerjaan yang seharusnya dilakukan dengan baik tidak bisa dikerjakan secara maksimal.

Yang harus dilakukan untuk mengatasi rasa jijik terhadap sesuatu hal yaitu adalah dengan membiasakan diri menghadapi langsung rasa jijik tersebut.  Pada mulanya mungkin akan merasa sangat tidak nyaman.  Namun lama-kelamaan bisa menjadi terbiasa sehingga tidak lagi merasa jijik pada hal tersebut.  Ditambah lagi jika ada dukungan dari orang-orang yang merasa tidak jijik sehingga bisa melihat langsung orang-orang berani bersinggungan langsung tanpa sungkan dan perasaan yang aneh-aneh.  Dengan begitu maka rasa jijik pun lama kelamaan akan pudar dan mudah-mudahan tidak lagi merasa jijik yang berlebihan terhadap hal tesebut.  Semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan Rasa Jijik atau Geli Terhadap Sesuatu Hal"

Poskan Komentar