Perbandingan / Perbedaan Gas LPG, CNG dan LNG

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa terlepas dari penggunaan berbagai macam bahan bakar.  Salah satu bahan bakar yang banyak digunakan oleh manusia adalah bahan bakar gas atau disingkat BBG.  Bahan bakar gas saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat umum terutama untuk kebutuhan masak-memasak rumah tangga dalam bentuk gas cair yang berada di dalam tabung khusus.  Bahan bakar gas ada banyak macamnya, namun yagn populer di Indonesia beberapa di antaranya yaitu LPG, CNG dan LNG.

Penjelasan Berbagai Macam / Jenis Bahan Bakar Gas (BBG) di Indonesia :

A. LPG (Liquified Petroleum Gas)

LPG adalah singkatan dari Liquified Petroleum Gas atau arti istilah dalam bahasa indonesianya adalah gas minyak bumi yang dicairkan.  LPG tidak berbentuk gas di dalam tabungnya, tetapi berbentuk cair.  Hal tersebut disebabkan oleh pemberian tekanan yang besar dalam kondisi suhu yang rendah.  Pada kondisi normal di luar tabung gas maka cairan LPG akan berubah menjadi gas ketika keluar dari tabung.  Biasanya LPG berisi gas cair propana (C3H8) dan butana (C4H10) walaupun memungkinkan adanya gas jenis lain seperti etana (C2H6) dan pentana (C5H12).

B. CNG (Compressed Natural Gas)

CNG adalah singkatan dari Compressed Natural Gas atau arti istilah dalam bahasa indonesianya adalah gas alam terkompresi.  CNG merupakan bahan bakar yang ramah bagi lingkungan karena menghasilkan sedikit emisi yang berbahaya bagi lingkungan alam.  Saat ini BBG jenis CNG biasanya digunakan oleh kendaraan bermotor umum seperti bajaj dan busway jenis tertentu.  CNG dibuat dengan melakukan kompresi pada metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam.

C. LNG (Liquified Natural Gas)

LNG adalah singkatan dari Liquified Natural Gas atau dalam arti istilah harfiah bahasa indonesia yaitu gas alam cair.  LNG adalah gas alam hasil proses pemurnian dengan menghilangkan pengotor (impuritas) dan hidrokarbon fraksi berat.  Kemudian gas alam dikondensasikan menjadi bentuk cair pada tekanan atmosfer serta didinginkan pada suhu -160 derajat celcius.  Kepadatan energi LNG setara dengan bahan bakar petrol (bensin) dan bahan bakar diesel (solar), namun menghasilkan emisi gas buang yang lebih bersih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Perbandingan / Perbedaan Gas LPG, CNG dan LNG"

Poskan Komentar