Cara Menghilangkan Rasa Malas Ibadah Sholat Wajib Lima Waktu

Sholat wajib lima waktu adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap orang Islam baik suka maupun tidak suka.  Sholat adalah tiang agama, sehingga orang yang tidak sholat wajib sama saja dengan merubuhkan tiang agama yang ada di dalam dirinya sendiri dan juga tiang agama secara umum dalam kehidupan kaum muslimin.  Saat ini mudah kita jumpai orang yang malas sholat walaupun sebenarnya mereka ingin menjadi orang yang rajin sholat lima waktu.

Untuk menjadi orang yang rajin sholat lima waktu secara konsisten dari waktu ke waktu bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan.  Dibutuhkan komitmen diri yang kuat untuk melakukannya.  Terlebih lagi untuk sholat wajib lima waktu secara berjamaah di masjid atau musholla tentu bukanlah sesuatu hal yang sangat mudah.  Waktu pelaksanaan ibadah sholat wajib berjamaah yang sempit membuat orang-orang yang rutin melakukannya terlihat menjadi seperti orang yang sangat spesial.

Beberapa Tips Cara Menghilangkan Malas Sholat (Ibadah Solat Wajib Lima Waktu) :

1. Mempelajari Hukum Agama Meninggalkan Sholat Lima Waktu

Dengan mengetahui hukuman dan balasan yang akan diterima oleh orang-orang yang malas beribadah shalat wajib lima waktu tentu akan membuat bulu kuduk pelakunya merinding.  Hukuman neraka bagi orang yang meninggalkan sholat secara sengaja dapat membuat seseorang yang memiliki keimanan yang kuat untuk selalu rajin sholat lima waktu.

2. Rajin Nongkrong di Masjid / Musholla

Jika seseorang menghabiskan sebagian besar waktunya di lingkungan masjid atau di sekitaran masjid atau musholla maka orang tersebut akan mudah untuk melaksanakan sholat berjamaah ketika waktunya tiba.  Berbeda dengan orang yang nangkringnya di tempat yang jauh dari tempat orang-orang sholat berjamaah di awal waktu, tentu akan menjadi malas untuk sholat berjamaah ketika waktunya telah datang.

3. Berteman dengan Orang Sholeh

Jika kita punya teman-teman yang semangat untuk sholat lima waktu, maka kita pun akan turut terpengaruh dengan kebiasaan sholat mereka.  Jika waktu sholat tiba, maka kita pun akan dipaksa untuk ikut dengan mereka sholat di masjid atau di musholla sekitar untuk melaksanakan kewajiban agama perorangan.  Berbeda jauh jika kita berteman dengan orang yang sama-sama malas sholat, tentu kita bisa ikut malas untuk sholat karena bisa dibully jika kita tidak mengikuti kebiasaan teman-teman kita yang malas beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

4. Selalu Menjadwalkan Sholat Sebagai Kegiatan Utama

Dalam membuat jadwal kegiatan kita sehari-hari kita haruslah menjadikan sholat lima waktu sebagai agenda utama kita.  Jangan sampai sholat wajib dijadikan sebagai kegiatan selingan dalam keseharian hidup kita di dunia.  Sebelum waktu sholat tiba pun kita sudah dijadwalkan untuk pergi ke masjid atau musholla agar tidak tertinggal sholat berjamaah di awal waktu.

5. Menghargai Kesuksesan Sholat Wajib

Yang terakhir adalah kita harus memberikan semacam hadiah atau reward pada diri kita sendiri ketika kita berhasil melaksanakan sholat wajib dengan baik.  Misalnya ketika kita berhasil sholat lima waktu secara sempurna dalam satu minggu kita mentraktir makan yang enak-enak diri kita sendiri.  Selain itu maka kita jangan membeli makanan yang enak-enak yang kita sukai.  Dengan begitu maka kita akan menjadi semangat untuk sholat lima waktu.  Namun kita tetap harus menjadikan pahala, ridho dan rahmat Allah SWT sebagai tujuan utama kita sholat.  Mentraktir diri kita sendiri menjadi sebagai bonus saja untuk menghibur hati yang dipenuhi oleh kemalasan sholat lima waktu.

---

Mudah-mudahan kita semua bisa menjaga sholat wajib lima waktu kita dalam kehidupan kita sehari-hari di dunia yang fana ini.  Atas segala kekurangan dan kelebihan dalam tulisan yang singkat ini saya mohon maaf yang setinggi-tingginya.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan Rasa Malas Ibadah Sholat Wajib Lima Waktu"

Poskan Komentar