Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk/Ngantuk di Kelas saat Sekolah/Kuliah

Mengantuk adalah sesuatu hal yang sangat manusiawi.  Ketika tubuh seseorang membutuhkan istirahat, maka orang tersebut akan merasa mengantuk.  Manusia pada umumnya melakukan tidur di malam hari.  Sebagian orang menambah jam tidurnya dengan melakukan tidur siang dengan waktu yang lebih pendek dibandingkan dengan tidur malam.  Namun masalahnya muncul ketika seseorang merasa mengantuk ingin tidur pada waktu yang tidak tepat.

Sebagian pelajar siswa siswi sekolah dan juga mahasiswa kuliahan mengalami gangguan belajar akibat timbulnya rasa kantuk di saat jam belajar berlangsung.  Ada banyak faktor yang menyebabkan seorang siswa atau mahasiswa merasa ngantuk pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung di depan mata, seperti kurang tidur, merasa bosan dengan pelajaran yang disampaikan, kurang sehat (sakit), insomnia, dan lain-lain.  Yang pasti rasa mengantuk saat pelajaran berlangsung harus segera diatasi agar tidak menimbulkan berbagai hal yang tidak diinginkan.

Tips Cara Mengatasi Rasa Mengantuk / Kantuk Saat Jam Pelajaran di Kelas Sekolah / Kampus :

1. Mengalihkan Konsentrasi

Ketika rasa kantuk mulai menyerang di saat yang tidak tepat.  Anda dapat mencoba untuk mulai mengalihkan pikiran anda ke hal-hal yang menyenangkan atau yang menegangkan. Cobalah berhenti memperhatikan pengajar yang ada di depan anda dan mulailah berfantasi sesuai dengan imajinasi yang sesuai selera.  Misalnya seperti memilikirkan menikah dengan orang yang kita sukai, memikirkan rumah yang akan anda beli ketika sudah dewasa kekak, memikirkan cara berbisnis yang sukses, memikirkan hobi, dan lain sebagainya.  Yang jelas cara ini sangat beresiko kehilangan pemahaman anda mengenai materi pelajaran yang sedang diberikan guru/dosen karena asyik dengan alam pikiran sendiri.

2. Rehat Sejenak

Tidak ada salahnya anda meminta izin sebentar untuk ke kamar kecil kepada guru atau dosen yang mengajar anda.  Gunakan waktu rehat sejenak tersebut semaksimal mungkin dengan mencuci muka serta bagian-bagian tubuh lainnya yang dirasa perlu untuk menyegarkan tubuh anda.  Bila perlu lakukan buang air kecil agar bisa lebih merasa rileks.  Setelah dari kamar kecil anda dapat memanfaatkan sedikit waktu untuk menyingkirkan rasa kantuk seperti dengan cara ngobrol sebentar dengan teman, makan makanan ringan, minum minuman ringan, melakukan pemanasan olahraga, dan lain-lain.  Jangan lupa untuk segera masuk ke kelas kembali paling lama 15 menit setelah keluar dari kelas.

3. Perbaikan Pola Hidup

Yang paling utama untuk melepaskan diri dari siksaan rasa mengantuk di kelas saat guru sedang mengajar adalah melakukan perbaikan pada pola hidup sehari-hari.  Jalani pola hidup sehat demi kebaikan diri sendiri dan juga orang-orang yang ada di sekitar kita.  Dengan menjalani hidup berdasarkan cara hidup yang sehat, mudah-mudahan kondisi fisik tubuh dari berubah ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.  Beberapa contoh pola hidup yang sehat antara lain seperti makanan makanan sehat empat sehat lima sempurna, tidur cukup yang berkualitas, olahraga secara rutin, tidak mengkonsumsi zat adiktif dan zat terlarang, menjaga kebersihan lingkungan, dan lain sebagainya,

Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan tentang cara mengatasi rasa kantuk / ngantuk di sekolah serta di kampus ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.  Atas semua kekurangan maupun kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk/Ngantuk di Kelas saat Sekolah/Kuliah"

Posting Komentar