Cara Menghilangkan Sifat Jelek / Sifat Buruk Pada Diri Sendiri

Sifat-sifat yang buruk yang ada pada diri kita seharusnya memang dibuang jauh-jauh.  Sifat jelek membuat hubungan kita dengan orang lain menjadi tidak harmonis dan bisa menyebabkan diri kita menjadi pribadi yang tidak baik.  Sifat jelek bisa menyebabkan mental dan fisik kita menjadi tidak sehat.  Oleh karena itulah maka hendaknya kita harus melakukan berbagai upaya untuk bisa melepaskan diri kita dari berbagai sifat jelek yang selama ini mendarah daging pada diri kita.

Beberapa Contoh Sifat Jelek / Sifat Buruk yang Ada Pada Diri Seorang Manusia :

1. Malas
2. Suka Berbohong
3. Senang Membicarakan Keburukan Orang Lain
4. Jorok
5. Malas Belajar
6. Boros
7. Keras Kepala
8. Menyukai Sesama Jenis
9. Genit
10. Malas Beribadah
11. Penakut
12. Suka Iseng Pada Orang Lain
13. Mau Menang Sendiri
14. Ringan Tangan
15. Pemarah / Emosional
16. Senang Membual
17. Pelit / Kikir / Medit
18. Suka Curang
19. Provokator
20. Senang Melihat Orang Lain Susah / Menderita

Dari berbagai sifat buruk yang telah disebutkan di atas maka sebagian besar orang pasti sepakat mengatakan bahwa sifat-sifat yang ada di atas adalah sifat yang sifatnya negatif.  Orang-orang pun akan merasa terganggu jika berhubungan atau bersosialisasi dengan orang yang memiliki banyak sifat yang jelek.  Namun anehnya orang yang memiliki sifat yang buruk terkadang tidak sadar bahwa dirinya memiliki sifat jelek yang herus dihilangkan.  Jika sadar pun orang yang punya sifat jelek tidak jarang menolak dan menghindar jika diberi nasihat untuk mengatasi sifat buruknya.

Beberapa Cara Menghilangkan Sifat Buruk / Sifat Jelek Pada Diri Kita Sendiri :

1. Membayangkan Jadi Korban Diri Kita Sendiri

Cobalah suruh orang lain merekam video saat diri kita sedang kumat sifat buruknya.  Lalu amati baik-baik hasil rekaman gambar video tersebut.  Bayangkan jika kita menjadi orang yang terkena sifat buruk dari diri kita.  Tentulah kita baru bisa memahami dengan baik mengapa kita harus segera mengatasi dan menghilangkan sifat buruk yang kita punyai.

2. Membayangkan Dosa

Berbuat buruk secuil saja pasti kita akan mendapatkan balasannya dari Allah SWT.  Oleh karena itu sebaiknya kita mulai menghindari dosa sekecil apa pun mulai dari saat ini juga dengan belajar menjadi orang yang baik.  Sifat-sifat yang jelek diganti dengan sifat-sifat yang baik sehingga kita akan mendapatkan balasan yang baik pula dari Allah SWT.

3. Mencoba Menjadi Individu Baru

Jika kita malu berubah total dengan orang-orang yang telah mengenal kita, maka kita bisa mencoba menjadi orang yang benar-benar lain pada lingkungan orang-orang yang baru.  Misalnya kita pindah rumah, kontrakan atau kost-kostan ke daerah yang baru bagi kita di mana tidak ada orang yang mengenal kita.  Di sanalah kita bisa mencoba menjadi orang yang baik sepenuhnya tanpa merasa malu.  Begitu pula dengan lingkungan kerja, kita pun bisa pindah ke tempat kerja yang baru untuk mencoba berubah menjadi orang yang berbeda pada orang yang berbeda.  Jika kita sudah nyaman dengan pribadi yang baru dan sudah merasa siap, barulah kita bisa berubah menjadi orang yang berbeda baik kepada orang-orang yang baru kita kenal maupun orang-orang yang sudah kita kenal lama.

4. Berteman dengan Orang-Orang Sholeh

Berkawan dengan orang-orang soleh bisa membuat seseorang tertular menjadi sholeh.  Berbagai aktivitas hidup akan dilakukan dengan berlandaskan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.  Ingin berbuat yang tidak-tidak pun jadi sungkan untuk dilakukan sehingga lama-lama sifat-sifat yang buruk akan hilang tenggelam ditelan waktu.  Jika memaksa untuk melakukan perbuatan yang tidak baik pun akan mendapatkan tanggapan yang dingin atau bahkan perlawanan sampai pengusiran jika sudah sangat keterlaluan.

5. Berteman dengan Orang-Orang yang Tidak Baik

Dengan berteman dengan orang-orang yang sama-sama mempunyai sifat jelek maka kita bisa bercermin bahwa sifat-sifat yang selama ini kita miliki ternyata adalah sifat yang sangat tidak baik.  Jika sudah menyadari dan menganggap jijik sifat-sifat yang buruk pada diri sendiri, maka kita pun akan berusaha mengubah diri dan mencari teman-teman baru yang lebih baik.

---

Masih ada banyak cara lain yang bisa kita terapkan untuk mengatasi sifat buruk / sifat jelek yang ada pada diri kita sendiri.  Tinggal kita sendiri yang menentukan apakah diri kita mau berubah atau tidak.  Sulit untuk mengubah sifat seseorang jika orang tersebut tidak ingin mengubah sifatnya sendiri.  Perubahan sifat pun juga harus disikapi dan ditanggapi dengan baik oleh orang-orang yang ada di sekitarnya agar tidak merasa minder dan malu atas perubahan positif yang ada pada diri seseorang.  Semoga sukses berubah menjadi orang baik, kurang lebih mohon maaf, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan Sifat Jelek / Sifat Buruk Pada Diri Sendiri"

Poskan Komentar