Cara Menghilangkan Tulisan Komentar Kasar dan Provokatif di Internet

Sebagai warganet yang baik, kita tentu merasa sangat terganggu sekali dengan banyaknya tulisan komentar pada tulisan berita atau postingan blog yang bernada kasar, menghina, merendahkan, mencaci, memaki, mengejek, mengata-ngatai, menyesatkan, hoax, bersifat provokatif, mengandung unsur SARA yang menghancurkan persatuan dan kesatuan, dan lain sebagainya.  Ingin sekali kita kembali ke masa lalu di mana belum banyak tulisan komentar seperti itu di dunia maya yang semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Sering sekali kita melihat komentar yang sangat tidak pantas ada di bagian bawah artikel berita dari suatu situs web berita terkenal dan profesional lokal di tanah air kita Indonesia.  Namun pengelola situs web tersebut seolah membiarkan hal tersebut terjadi.  Tidak jarang terjadi suatu perdebatan sengit antara pihak yang pro dan yang kontra.  Yang membuat miris adalah bahasa kasar seperti orang yang tidak pernah mengenyam bangku pendidikan yang sangat provokatif sekali yang memancing orang untuk membalas dengan tulisan yang tidak benar juga.

Solusi Sedernana Cara Mengatasi Tulisan Komentar Kasar, Provokatif, Tidak Pantas di Internet :

1. Pemerintah Mewajibkan Username Universal Terintegrasi

Saat ini sudah ada single sign on u.id yang dikembangkan oleh pemerintah.  Tinggal diterapkan saja secara wajib oleh seluruh situs web yang ada di Indonesia.  Khususnya situs web yang terkenal dan dikelola secara profesional.  Dengan begitu siapa pun yang ingin berkomentar dan membuat tulisan harus login dulu dengan id yang terdaftar sesuai dengan identitas ktp dan kk.  Jadi kelihatan siapa pelaku dari pembuat komentar yang tidak baik, sehingga bisa langsung dicokok oleh pihak yang berwenang untuk diberikan peringantan dan pengarahan.

2. Memberikan Hukuman yang Tegas Kepada Pelaku

Bagi situs web yang membandel tidak mau menjalankan peraturan single sign on resmi bisa diblokir sampai insaf.  Sedangkan bagi pelaku harus diberikan tindakan yang tegas dan mendidik agar si pelaku bisa kembali ke jalan yang benar dalam waktu yang singkat.  Jika memang tidak bisa dibina, maka sebaiknya dibinasakan saja di pihak yang berwajib alias polisi.

---

Walaupun saat ini adalah zaman kebebasan berpendapat, akan tetapi bukan berarti bisa seenaknya saja membuat tulisan yang kasar dan provokatif di internet.  Biasanya pelaku tidak berani mencantumkan identitas diri yang sebenarnya karena takut didatangi dan dituntut oleh pihak yang merasa tersinggung.  Hal ini tentu saja membuat kita geram dengan pelaku pembuat tulisan komentar yang tidak baik karena maunya hanya lempat batu sembunyi tangan.

Bahkan bisa saja pelaku berbuat demikian hanya untuk bersenang-senang saja dengan membuat orang lain marah dan menderita akibat penyimpangan perilaku yang dideritanya.  Semakin marah warganet dengan tulisan yang dibuat, pelaku akan merasa sangat senang sekali.  Masalah yang muncul terus bisa dipanas-panasi lagi dengan menambah tulisan komentar yang lebih kasar lagi sehingga orang lain semakin tersulit emosi jiwanya.  Itulah sebabnya mengapa pemerintah harus turun tangan mengatasi masalah tulisan komentar yang tidak baik di internet.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan Tulisan Komentar Kasar dan Provokatif di Internet"

Posting Komentar





"Forum Kumkim buka rekrutmen sebagai moderator forum online. Langsung saja ke www.kum.kim, daftar id dan daftar posisi moderator di forum kantor administrasi"