Cara Menghindari Makanan Terbuang Mubazir Saat Pesta Resepsi

Membuang-buang makanan dan minuman adalah perbuatan yang sangat tidak baik alias tidak terpuji.  Makanan dan minuman merupakan sumber daya yang terbatas jumlahnya di dunia ini sehingga harus dihemat sedemikian rupa agar tidak terbuang percuma.  Bayangkan saja apabila tidak ada cukup makanan untuk kita dan keluarga kita.  Sudah pasti kita akan merasa bingung dan kelimpungan mencari makanan ke sana ke mari.  Di saat makanan dan minuman melimpah seperti saat ini pun masih ada banyak orang di segala penjuru dunia yang kekurangan makanan dan minuman.

Biasanya pada saat acara pesta pernikahan, sunatan, ulang tahun, syukuran, dan lain sebagainya terdapat banyak makanan yang dihidangkan untuk para tamu undangan yang hadir.  Tidak hanya makanan berat saja, namun juga makanan ringan dan minuman ringan pun biasanya turut hadir untuk meramaikan suasana.  Namun masalahnya adalah banyak tamu yang gemar mencicipi berbagai macam hidangan tanpa menghabiskannya, sehingga terdapat banyak sisa makanan dan minuman yang terbuang teronggok begitu saja tanpa ada kejelasan lebih lanjut.  Karena itulah diperlukan adanya strategi untuk menyelamatkan makanan dari terbuang percuma ke tempat sampah akibat tamu yang lapar mata.

Tips Beberapa Cara untuk Mengurangi Membuang-Buang Makanan Minuman Saat Pesta Resepsi :

1. Jadwal Acara di Luar Jam Makan

Dengan mengadakan acara pesta di luar jam makan maka para tamu tidak akan merasa kelaparan dan kehausan karena sudah makan dan minum sejak dari rumah.  Misalnya jam 9 pagi, jam 2 siang, jam 4 sore dan jam 8 malam.

2. Hanya Menyediakan Makanan Ringan dan Minuman Ringan Minimalis

Jika ukuran makanan dan minuman kecil maka kemungkinan untuk tidak termakan oleh tamu yang bersifat icip-icip akan dapat berkurang drastis.  Ukuran makanan minimalisnya usahakan hanya satu gigitan atau satu suapan saja.  Sedangkan ukuran minumannya sebaiknya ukuran beberapa teguk saja.  Jika memang kurang maka para tamu tinggal melipatgandakan makanan dan minuman yang diincarnya.

3. Memberi Bungkusan Makanan Sebelum Pulang Kepada Tamu

Sebagai bentuk penghormatan kepada para tamu yang datang hendaknya diberikan cinderamata atau souvenir serta diberikan makanan dan minuman yang telah dibungkus rapi dan cantik.  Dengan begitu maka para tamu bisa menikmata berbagai hidangan yang tersedia dalam ukuran yang besar dan dapat dinimkati bersama anggota keluarga yang lain tanpa diburu waktu takut akan kehabisan makanan dan minuman yang diincar.

4. Mengingatkan Para Tamu untuk Tidak Makan dan Minum Berlebihan

Jika dirasa tidak mengganggu kenyamanan para tamu undangan yang menghadiri acara pesta maka ada baiknya jika sebelum memasuki acara makan-makan para tamu diingatkan untuk tidak makan dan minum berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan serta ketika pulang nanti akan diberikan bungkusan makanan dan minuman yang sama enaknya dengan yang tersaji di atas meja makanan dan minuman.

-----

Dengan membuat bebagai perencanaan yang matang yang berbeda dari kebiasaan yang berlaku pada masyarakat diharapkan berkurangnya makanan yang terbuang akibat hawa nafsu yang meningkat ketika orang-orang melihat makanan dan minuman enak melimpah ruah yang boleh dinikmati sepuasnya secara gratis.  Tentu akan jauh lebih baik lagi jika makanan dan minuman yang tidak terkonsumsi habis dibagikan kepada orang-orang yang kekurangan makanan dan minuman agar turut berbahagia atas pesta resepsi yang kita adakan.  Atas kekurangan dan kesalahan mohon maaf, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghindari Makanan Terbuang Mubazir Saat Pesta Resepsi"

Poskan Komentar