Alasan Penyebab Seseorang Ngebut di Jalan Raya Umum

Ngebut adalah sesuatu hal yang secara umum tidak baik.  Ngebut adalah memacu berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain dengan kecepatan yang tinggi di atas batas normal ketika berkendara di jalan biasa.  Memacu kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor dengan kecepatan tinggi di jalan raya dapat meningkatkan resiko kecelakaan kendaraan bermotor.  Ada banyak hal yang menjadi penyebab seseorang ngebut di jalan raya.

Hal / Faktor yang Menyebabkan Orang Memacu Kendaraan Bermotor dengan Kecepatan Tinggi di Jalanan Umum :

1. Kebiasaan yang Mendarah Daging

Sebagian pengendara sepeda motor dan juga mobil memiliki kebiasaan memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi.  Tidak peduli situasi, kondisi, cuaca, keamanan, toleransi, tepo seliro, dan lain sebagainya, orang yang sudah biasa mengebut di jalan akan selalu berusaha ngebut di setiap ada kesempatan.  Mungkin bisa jadi seseorang menjadi terbiasa ngebut di jalanan karena ketagihan dengan perasaan menyenangkan yang muncul ketika adrenalin yang terpacu saat berkendara dengan kecepatan tinggi yang membahayakan keselamatan diri sendiri dan juga orang lain di sekitarnya.  Pengendara yang semacam ini hendaknya tidak diberi surat izin mengemudi (SIM) oleh kepolisian karena sangat berbahaya bagi para pengguna jalan umum.

2. Terburu-Buru / Mengejar Waktu

Seseorang yang sedang dikejar-kejar waktu bisa saja akan berusaha untuk dapat cepat sampai di tempat tujuan.  Salah satunya dengan mengendarai kendaraan mobil atau sepeda motor dengan kecepatan yang lebih dari yang diperbolehkan.  Misalnya saja seperti takut terlambat sampai sekolah, ada janji acara pertemuan bisnis yang waktunya sudah mepet, kebelet ingin buang air, takut ketinggalan kereta, dan lain sebagainya.

3. Melarikan Diri dari Sesuatu Hal

Kadangkala orang menggeber kendaraan bermotornya untuk menghindarkan diri dari sesuatu hal yang tidak diinginkan.  Contohnya seperti melarikan diri dari kejaran polisi, melarikan diri dari kejaran penjahat, penjambret yang baru saja melakukan aksi penjambretan, pelaku perampokan yang melarikan diri, ingin menghilangkan jejak dari pihak-pihak yang membuntuti, dan lain sebagainya.

4. Unjuk Gigi / Pamer

Biasanya jika seseorang sudah berada di dalam komunitas orang-orang yang suka ngebut di jalan raya, orang tersebut bisa terpengaruh menjadi tukang ngebut dengan kecepatan tinggi juga.  Misalnya bergabung dengan konvoi teman-teman yang ngebut, bergabung dengan genk motor, ingin dikatakan jantan oleh teman-temannya.  Bisa juga seseorang memacu kendaraan sepeda motor atau mobilnya dengan kecepatan tinggi ketika sedang bersama dengan orang yang disukainya untuk menunjukkan bahwa dirinya keren, berani, jantan, tangguh, nekat, dan lain sebagainya.

5. Terpaksa

Ngebut dijalanan bisa saja terjadi akibat dari adanya peraturan kecepatan minimal yang ditentukan oleh Dinas Perhubungan daerah setempat.  Misalnya seperti di jalan tol yang setidaknya harus memacu kendaraannya dengan kecepatan 60km/jam, di atas kecepatan standar pada jalan umum biasa.  Contoh lainnya itu seperti tidak sengaja masuk ke dalam jalur cepat sehingga mau tidak mau harus ikut serta dalam kegiatan berkendara dengan kecepatan di atas rata-rata.

Terima Kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Alasan Penyebab Seseorang Ngebut di Jalan Raya Umum"

Poskan Komentar