Cara Menghindari Terpilih Menjadi Ketua RT di Lingkungan Tempat Tinggal

Setiap wilayah biasanya ada ketua RT yang ditunjuk sebagai pemimpin masyarakat kecil di suatu lingkungan tempat tinggal.  Ketua RT (Rukun Tetangga) ditugaskan pemerintah menjadi kepanjangan tangan pemerintah dalam melayani masyarakat umum.  RT dipilih berdasarkan musyawarah warga (terbaik) atau voting (terburuk).  Orang yang terpilih diharapkan bisa menjadi ketua RT yang baik bagi warganya dan pemerintahnya.  Namun jika seseorang tidak ingin dipilih menjadi ketua RT karena alasan tertentu yang bisa menolak pencalonannya.  Akan tetapi jika ada kemungkinan terpilih juga maka bisa melakukan upaya lain untuk menolaknya.

Beberapa Cara Menghindar Pemilihan RT / RW di Lingkungan Tempat Tinggal :

1. Membuat KTP di Daerah Lain

Salah satu syarat dipilih menjadi ketua RT adalah harus menjadi warga lingkungan tersebut untuk jangka waktu tertentu.  Jika seseorang yang tinggal di suatu wilayah memiliki KTP yang bukan KTP wilayah tersebut, maka orang tersebut tidak berhak mencalonkan diri atau dicalonkan sebagai ketua RT di tempat tinggalnya.  Setelah pemilihan RT usai maka bisa mengurus KTP lagi untuk kembali menjadi warga wilayah sebelumnya.

2. Pindah Rumah / Tempat Tinggal

Jika seseorang benar-benar merasa takut terpilih menjadi ketua RT atau ketua RW di lingkungan tempat tinggalnya, maka salah satu jalan yang terbaik adalah dengan pindah rumah untuk sementara waktu maupun untuk selama-lamanya.  Ketika pemilihan RT hendak dilaksanakan maka segera pindah ke daerah lain untuk mengungsi hingga suasana reda dan tidak terpilih menjadi ketua RT / RW.  Jika ternyata terpilih maka segera nyatakan bahwa anda tidak bersedia dipilih karena pindah rumah.  Setelah suasana kondusif maka anda bisa kembali lagi tinggal di lingkungan tersebut.

---

Dengan adanya dua trik di atas mudah-mudahan bisa membuat anda tidak terpilih menjadi pengurus RT.  Seseorang memiliki hak untuk tidak dipilih, namun jangan sampai mengecewakan orang-orang yang mempercayakan anda sebagai calon RT atau calon RW.  Jika sebagian besar warga sangat mengaharapkan anda menjadi pemimpin wilayah tempat tinggal anda karena tidak ada orang lain yang kompeten, maka sebaiknya jangan ditolak dengan cara-cara penghindaran di atas.  Kecuali anda memang tidak ada kemampuan namun orang-orang ingin mengerjai anda beramai-ramai agar anda menjadi ketua RT atau ketua RW yang aneh bin ajaib.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghindari Terpilih Menjadi Ketua RT di Lingkungan Tempat Tinggal"

Poskan Komentar