Cara Menurunkan Harga Bensin, Solar dan BBM (Bahan Bakar Minyak)

Sebagian besar orang sepakat bahwa bahan bakar minyak atau disingkat BBM adalah hajat hidup orang banyak yang ditujukan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat.  Lebih sepakat lagi jika BBM dibagikan secara gratis namun terbatas kepada semua warga negara Indonesia tanpa terkecuali.  Dengan demikian yang miskin bisa menjual jatah bahan bakar minyak gratisnya untuk bisa dibelikan sembako dan kebutuhkan pokok lainnya.

Namun kini bbm sudah tidak lagi disubsidi seperti dulu sehingga harganya pun akan mengikuti irama naik turun harga minyak dunia.  Jika harga bahan bakar naik, maka kenaikan harga barang-barang secara umum (inflasi) pun akan muncul yang akan menambah beban hidup masyarakat kecil.  Untuk menurunkan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) akan membutuhkan banyak usaha dan  kerja keras dari berbagai pihak.

Beberapa Cara Menurunkan Harga Minyak Dunia sehingga Harga BBM Turun :

1. Bahan Bakar Baru yang Lebih Murah

Salah satu cara yang paling mujarab untuk menurunkan harga bensin, solar, pertamax, minyak tanah, dan kawan-kawan adalah dengan membuat bahan bakar tandingan untuk bahan bakar minyak.  Cara ini tentu merupakan cara yang sangat sulit.  Hingga saat ini bahan bakar minyak masih banyak digunakan oleh manusia di berbagai belahan dunia.  Yang jelas akan butuh waktu lama untuk membuat dan mempopulerkan bahan bakar baru yang lebih baik dan lebih murah daripada bahan bakar minyak (BBM) yang sudah ada.

2. Boikot Bersama-Sama Sedunia

Cara lain untuk menurunkan harga BBM di Indonesia dan juga dunia internasional adalah dengan cara meninggalkan bahan bakar minyak secara serentak bersama-sama dan kemudian mengganti bahan bakar minyak dengan bahan bakar alternatif lain yang saat ini sudah tersedia di pasaran.  Contohnya dengan melakukan konversi bbm ke gas, listrik non bbm, briket, dan lain sebagainya.

3. Menaikkan Jumlah Kapasitas Produksi Minyak Mentah Harian

Apabila jumlah bbm yang ditawarkan melebihi permintaan masyarakat maka harga minyak akan turun.  Sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran, harga akan turun jika lebih banyak suply daripada demand yang dibutuhkan konsumen.  Jika ada banyak minyak yang disedot dari dalam tanah, maka akan terjadi berlimpahnya minyak di pasaran sehingga harga minyak dunia akan jatuh.  Jatuhnya harga minyak mentah biasanya akan dibarengi dengan turunnya harga bahan bakar minyak yang ada di Indonesia seperti bensin, solar, pertamax, minyak tanah, dan lain-lain.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam rangka menurunkan harga bensin dan bbm lainnya di Indonesia.  Atas segara kekurangan dan kesalahan yang saya perbuat selama menyampaikan tulisan ini saya mohon dibukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya, terima kasih atas perhatian anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menurunkan Harga Bensin, Solar dan BBM (Bahan Bakar Minyak)"

Poskan Komentar