Daftar Gunung Berapi Super (Super Volcano/Vulkan) di Dunia

Super volcano atau supervulkan adalah gunung berapi yang bisa menghasilkan letusan vulkanis dengan muntahan material yang lebih besar dari 1.000 kilometer kubik.  Letusan yang menghasilkan ejekta yang lebih dari 1.000 km kubik tentu bukan seperti letusan gunung berapi biasa yang sering kita lihat di televisi akhir-akhir ini.  Jika sebuah gunung berapi super meletus maka dapat menyebabkan terjadinya perubahan iklim dunia secara instan dan tiba-tiba.

Daftar Super Vulcano / SuperVulkan / Gunung Berapi Super Besar yang Ada di Dunia  :

1. Kaldera Aira di Kushu, Negara Jepang

2. Danau Toba di Sumatera, Negara Indonesia

3. Kaldera Yellowstone di Negara Amerika Serikat

4. Long Valley di Negara Amerika Serikat

5. Valles di Negara Amerika Serikat

6. Gunung Taupo di Negara Selandia Baru

7. Siberian Traps di Negara Rusia

Berdasarkan pengalaman sekitar 200 tahun lalu pada letusan gunung tambora di Indonesia yang merupakan salah satu gunung berapi besar di dunia dengan muntahan material sekitar 160 km kubik menyebabkan bencana besar bagi dunia.  Salah satu efek yang ditimbulkan oleh letusan gunung tambora adalah sebuah tahun yang dikenal sebagai tahun tanpa musim panas di dunia, yaitu pada tahun 1816.  Jika tidak ada musim panas maka itu berarti musim telah mengalami perubahan sehingga menyebabkan kegagalan panen yang akhirnya berujung pada wabah kelaparan.

Jika gunung yang muntahannya lebih kecil bisa menyebabkan bencana dunia yang sangat parah apalagi jika yang meletus adalah gunung berapi super yang sebenarnya.  Danau toba diperkirakan saat meletus dulu telah memuntahkan sekitar 2.800 km kubik material.  Sedangkan yang terbesar adalah Kaldera La Garita yang volume ejektanya bisa mencapai sekitar 5.000 km kubik.  Jika hal itu sampai terjadi di masa kini, maka yang bisa kita lakukan hanyalah berserah diri kepada Allah SWT atas ujianNya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Daftar Gunung Berapi Super (Super Volcano/Vulkan) di Dunia"

Poskan Komentar